Selasa, 18 Juni 2024
BerandaPolhukamPilkadaTito Karnavian Segera Copot Pejabat Kepala Daerah yang Maju Pilkada Serentak

Tito Karnavian Segera Copot Pejabat Kepala Daerah yang Maju Pilkada Serentak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Muhammad Tito Karnavian memastikan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan ada Pejabat Kepala Daerah aktif yang maju dalam Pilkada 2024 serentak.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR pada Senin (10/6), Tito menyebut bahwa Pejabat Kepala Daerah yang maju Pilkada wajib mengundurkan diri terlebih dahulu dari jabatannya maksimal bulan Juli mendatang.

“Kami sudah sampaikan kemungkinan besar pertengahan Juli yang ingin running (maju pilkada) dia harus kita ganti dan itu nggak ada aturan UU-nya tapi kami yang ambil kebijakan karena ada bahasa sebelum satu tahun,” kata Tito dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Mantan Kapolri itu menegaskan, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran yang harus dipatuhi seluruh Pejabat Kepala Daerah. Sehingga, jika ada Pejabat Kepala Daerah yang maju, mereka harus siap kehilangan jabatannya sebagai ASN.

Adsense

“Kami juga nyampaikan kita tidak menghalangi hak orang berpolitik selagi tidak dicabut hak politiknya. Tapi ada persyaratan yaitu mereka harus mundur dari ASN dengan risiko kehilangan ASN dan jabatannya,” tukasnya.

Tito juga menegaskan, Kemendagri memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk mempersiapkan sosok pengganti penjabat kepala daerah. Sehingga, pihaknya merasa perlu untuk mewanti-wanti sejak awal.

“Kami juga sudah menyampaikan kami perlu waktu kira-kira 30 hari untuk mempersiapkan karena kita harus kirim surat lagi ke DPRD-nya ke Pj gubernur atau gubernurnya untuk kirimkan nama-nama lagi, kembali melalui proses lagi, sidang lagi, perlu waktu paling nggak 2-3 minggu,” terangnya.

“Tidak asal tunjuk saja orang itu,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Ridwan Kamil Masuk Daftar Tidak Penting Anies Baswedan

Anies Baswedan mengklaim tidak peduli dengan wacana Koalisi Indonesia Maju yang akan mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

Anies Baswedan Minta Sandiaga Uno Fokus Jadi Menteri Saja Ketimbang Pilkada

Anies Baswedan memberikan sinyal kuat bahwa dirinya memang sudah tidak berniat mengajak Sandiaga Uno bergabung dalam Pilkada Jakarta.

Airlangga : Ridwan Kamil Sudah OTW, Anies Masih Sekadar Gerak

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengklaim bahwa Ridwan Kamil terbilang lebih siap untuk maju di Pilkada Jakarta.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS