Rawat Aki Motor Biar Tetap Ngacir, Begini Tipsnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aki Motor jadi bagian penting pada kelistrikan kendaraan bermotor, untuk menghidupkan kendaraan melalui starter. Oleh karena itu, perawatan aki motor wajib dilakukan. Terlebih, bagi motor keluaran terbaru yang menggunakan sistem kelistrikan DC.

Sobat Holopis harus tahu terlebih dahulu, apakah aki motor yang digunakan sehat atau tidak dengan mengetahui tegangan normal pada aki. Caranya, mengetahui tegangan aki bisa menggunakan alat bernama voltmeter.

Cara mengukur tegangan aki, seperti dikutip Holopis.com dari Honda Community, Selasa (11/6) dimulai dengan membuka penutup aki pada motor agar dapat dilakukan pengukuran tegangan.

Setelah itu, nyalakan voltmeter dan sambungkan positif voltmeter ke terminal positif aki dan kabel negatif voltmeter ke terminal negatif aki. Nanti, akan muncul angka yang menunjukkan tegangan pada aki.

Jika berada di antara 12,3-12,6 volt berarti aki motor sehat, jika informasi dalam keadaan mesin hidup dengan tegangan aki motor yang normal adalah 13,7-14,2 volt.

Apabila aki berada dibawah 12,3 volt saat motor mati, kemungkinan daya aki akan habis atau sering disebut aki tekor. Sementara jika angkanya berada diatas 14,7 volt saat motor menyala, artinya aki dalam kondisi overcharged. Ini ditandai dengan aki yang menggelembung dan timbul percikan api ketika digunakan. Keduanya sama-sama kondisi yang tidak bagus untuk aki.

Cara Merawat Aki Motor Agar Tetap Sehat

1. Perhatikan Aksesoris Pada Motor

Penggunaan aksesoris motor seperti lampu, audio, dan lainnya secara berlebihan bisa saja mempengaruhi daya listrik pada aki dan membuat aki cepat soak atau berumur pendek.

2. Nyalakan Motor dengan Starter Manual jika Starter Elektrik Tidak Bisa

Starter manual (engkol) memang dirancang untuk keadaan darurat jika motor tidak bisa dinyalakan dengan starter elektrik.

3. Panaskan Motor Minimal 15 Menit Setiap Harinya

Seiring waktu, sel-sel di dalam aki dapat mati (kering). Untuk mencegah hal ini, nyalakan dan panaskan motor setidaknya selama 15 menit setiap hari. Ingatlah untuk selalu menggunakan starter manual saat menyalakan motor dan hindari memaksa penggunaan starter elektrik jika motor sulit dinyalakan.

4. Matikan Lampu saat Akan Mematikan Motor

Pastikan lampu seperti headlamp atau lampu sign dalam kondisi mati jika akan mematikan motor. Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

3 Minuman untuk Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Baik untuk kesehatan maupun kenyamanan sosial, Sobat Holopis pasti tidak mau memiliki bau badan. Mengendalikan bau badan adalah hal yang penting.

Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja via Email

Mengirim lamaran kerja adalah langkah krusial dalam mencari pekerjaan. Selain isi dari pesan yang disampaikan, waktu pengiriman juga memiliki peran penting.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Geledah Sejumlah Tempat, KPK Kantongi Uang Dugaan Korupsi di Pemkot Semarang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sejumlah uang terkait dugaan korupsi di Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah. Uang diamankan...