Singkong Cocok Buat Menu Sarapan, Soalnya Gede Banget Manfaatnya

Selain memiliki rasa yang lezat, singkong juga memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan asupan pangan dan kesehatan.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Singkong (Manihot utilisima atau Manihot esculenta crantz) atau yang dikenal juga sebagai ubi kayu, adalah salah satu sumber pangan yang penting di banyak bagian dunia, terutama di daerah tropis.

Selain memiliki rasa yang lezat, singkong juga memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan asupan pangan dan kesehatan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beragam manfaat singkong serta bagaimana mengintegrasikannya ke dalam pola makan sehari-hari untuk mendapatkan manfaat optimal.

Kandungan Gizi Singkong

Singkong kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa nutrisi utama yang terkandung dalam singkong:

1. Karbohidrat
Singkong merupakan sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh, yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Makanya, singkong paling enak dijadikan menu sarapan Sobat Holopis saat hendak berangkat kerja, atau menjadi cemilan pagi di kantor.

2. Serat
Singkong mengandung serat makanan yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

3. Vitamin dan Mineral
Singkong mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin B6, folat, kalsium, magnesium, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Antioksidan
Singkong juga mengandung antioksidan seperti betakaroten dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Singkong mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid dan polifenol yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat yang tinggi dalam singkong juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menyehatkan Pencernaan
Serat dalam singkong membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat ini membantu melancarkan proses pencernaan, mencegah sembelit, dan memperbaiki flora usus.

3. Menurunkan Risiko Diabetes
Kandungan karbohidrat kompleks dalam singkong dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini membuatnya menjadi pilihan makanan yang baik bagi orang yang memiliki risiko diabetes tipe 2.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

10 Ide Kegiatan Malam Minggu yang Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Malam minggu sering kali identik dengan hangout di cafe, nongkrong bersama teman, atau sekadar nonton film.

Petty Hasibuan Ingin Senayan Golf Club Jadi Tempat Favorit Pecinta Golf Tanah Air

Dengan mengusung tema retro, Petty Hasibuan berharap pecinta golf tanah air bisa tetarik untuk mengikuti keanggotaan di Senayan Golf Club dengan menganggap bahwa bermain golf di SGC sangat fun.

KAI Sukses Angkut 45,05 Juta Ton Barang Selama Periode Januari – Agustus 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang selama periode Januari hingga Agustus 2024, di mana KAI mengangkut 45.056.573 ton barang atau meningkat 7% dibanding periode yang sama Januari hingga Agustus 2023 sebanyak 42.073.513 ton barang. 
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru