Wejangan Menko PMK : Pernikahan Jangan Tambah Keluarga Miskin Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy memberikan wejangan agar pernikahan tidak menjadi pemicu bertambahnya keluarga miskin baru di Indonesia.

Wejangan itu disampaikan Muhadjir saat menjadi saksi di kegiatan nikahan massal yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Barat, pada Sabtu (8/6) kemarin.

Dia berpesan, bahwa masalah ekonomi merupakan hal yang perlu menjadi perhatian, khususnya bagi penyelenggara. Untuk itu, ia meminta PMD Jakarta Barat untuk tidak sekadar menikahkan para mempelai, tetapi juga memberikan pendampingan dari sisi ekonomi.

Dia mengatakan, bila ada pasangan yang belum mapan secara ekonomi, PMD Jakarta Barat bisa memberikan rekomendasi kepada pemerintah melalui Kemenko PMK untuk bisa dibantu dalam pelatihan kerja dan pemberian modal usaha.

“Tadi sudah saya sampaikan kalau masih ada yang menganggur, yang belum mendapatkan pekerjaan lapor ke Kemenko PMK supaya mendapatkan Kartu Prakerja,” kata Muhadjir dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (9/6).

“Kalau mereka mau usaha dan butuh tambahan modal akan kita hubungkan dengan program PNM Mekaar dan KUR (Kredit Usaha Rakyat),” sambungnya.

Muhadjir yang juga Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu mengatakan, pernikahan merupakan ibadah yang tentunya mendambakan kebahagiaan. Untuk itu, ia mewanti-wanti agar pernikahan jangan sampai malah menambah keluarga miskin baru.

Oleh sebab itu, ia pun meminta supaya kegiatan nikahan massal yang dilakukan PDM Muhammadiyah Jakarta Barat ini menjadi upaya membina pasangan pengantin baru dari segi keharmonisan dan kemapanan ekonomi.

“Kita pastikan pernikahan ini jangan menambah keluarga miskin. Tanggung jawab kita tidak hanya menikahkan tapi memastikan mereka tidak menjadi bagian keluarga miskin baru, dan harus menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah,” terangnya.

Kepada para mempelai, Menko Muhadjir juga memberikan wejangan agar mereka bisa hidup rukun dan menjalani pernikahan dengan baik.

“Pesan untuk pengantin yang rukun dan terus bekerja sama bersama-sama untuk menjalin hubungan baik. Harus bisa menjadi pemersatu keluarga besarnya anak cucunya agar bisa melanjutkan kehidupan harmonis,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Muhadjir Sebut Anggaran Makan Bergizi Gratis Disesuaikan Tiap Daerah

Menko PMK Muhadjir Effendy menjawab kabar mengenai pemotongan anggaran untuk makan siang gratis yang ramai diperdebatkan saat ini.

Menko PMK Nilai Banyak Perbaikan dari Murur sampai Tata Kelola Dam Haji 2024

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.

PAN Anggap Usulan Muhadjir Effendy Cuma Bikin Masalah Baru

PAN menanggapi usulan Menko PMK Muhadjir Effendy perihal solusi pembayaran uang kuliah dari pinjaman online (pinjol).

PB SEMMI Desak Muhadjir Effendy Dicopot

Dirinya meminta Menteri PMK Muhadjir Effendy untuk meminta maaf kepada publik dan disarankan mundur dari jabatannya sebagai menteri.

Cak Imin Sayangkan Pemerintah Malah Berbisnis dengan Mahasiswa

Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin memberikan kritik keras kepada Menko PMK Muhadjir Effendy terkait dengan kenaikan UKT (Uang Kuliah Tunggal) ke mahasiswa baru.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...