BerandaHistorySejarah Flashdisk, Kalian Harus Terima Kasih Sama Pria Asal Jepang Ini!

Sejarah Flashdisk, Kalian Harus Terima Kasih Sama Pria Asal Jepang Ini!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak digunakan hingga saat ini. Dengan bentuknya yang sederhana namun bisa memuat banyak data, flashdisk jadi salah satu andalan untuk menyimpan sebuah file apa pun yang terdapat di komputer.

Bagi sobat Holopis yang menggunakan flashdisk untuk menyimpan materi kuliah, pekerjaan kantor, data pribadi, dan lain sebagainya, kalian harus berterima kasih dengan pria bernama Fujio Masuoka asal Jepang, dia lah sosok yang menemukannya.

Lantas, siapa Fujio Masuoka, dan bagaimana mulanya flashdisk itu ditemukan?

Fujio Masuoka merupakan pria yang lahir di Takasaki, Gunma, Jepang pada 8 Mei 1943. Fujio seorang penemu flashdisk. Bersamanya, ada seseorang yang juga berjasa yakni Shoji Ariizumi, dimana dia lah yang kemudian menamakan media penyimpanan tersebut bernama flash yang berkembang menjadi flashdisk.

Penerbit Iklan Google Adsense

Pada tahun 1972 dan 1984, Fujio kemudian membuat sebuah karya dengan membuat pasangan sel memori dinamis dengan struktur poli-silikon ganda.

Kemudian di tahun 1977, Fujio mengembangkan sebuah memori 1Mbit DRAM di divisi semikonduktor Toshiba. Setelah itu pada tahun 1980, Fujio beralih ke divisi produk rekayasa memori Thosiba untuk mengembangkan memori flash.

Kemudian di tahun 1984, Fujio kembali pindah divisi dan masuk ke divisi desain memori rekayasa Toshiba, dimana ketika itu ia bertugas menyempurnakan serta mematenkan memori flash NOR.

Berselang setahun, Fujio mengembangkan flash memory 256Kbit, kemudian mampu mengembangkan proyek lain bernama NAND-type flash memory, dimana alat itu merupakan cikal bakal yang saat ini dinamakan flashdisk.

Itu lah awal mula perjalanan Fujio sebelum akhirnya menemukan yang namanya flashdisk, meski begitu, perjalanan karirnya masih lah panjang sampai pada akhirnya flashdisk mencapai tahap sempurna untuk bisa berfungsi menyimpan sesuatu.

Kini, sudah banyak sekali merk dari jenis flashdisk itu sendiri dengan kapasitas memori yang sudah menyebut Giga atau bahkan Tera byte.

Selain daripada itu, flashdisk saat ini sangat lah beragam, dimana bentuk-bentuk flashdisk bervariasi dan banyak pilihan warna, sehingga bisa menarik minat lebih untuk penggunanya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...

Ini Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni sebagai bentuk keprihatinan dunia pada penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika di seluruh dunia.

Hari Janda Sedunia atau International Widow’s Day, Rayakan Perjuangan Para Perempuan Tangguh

Setiap tahun pada tanggal 23 Juni, dunia memperingati Hari Janda Internasional atau International Widows Day.

HUT Kota Jakarta ke-497 : Ini Tema hingga Rangkaian Acaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati pada 22 Juni di setiap tahunnya dan kali ini merupakan HUT ke-497. Seperti dikutip Holopis.com...

Hari Yoga Internasional Sadarkan Masyarakat Lakukan Aktivitas Sehat

Hari Yoga Internasional diperingati setiap tanggal 21 Juni, sebagai ajakan untuk untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia tentang banyak manfaat berlatih yoga.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS