Selasa, 18 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanUbi Ungu Ternyata Manfaatnya Banyak Banget, Simak deh!

Ubi Ungu Ternyata Manfaatnya Banyak Banget, Simak deh!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ubi ungu merupakan salah satu makanan yang lezat. Selain itu, ubi ungu juga memiliki nilai gizi yang baik, karena kaya akan serat, protein, fosfor hingga biotin.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Ada juga ubi ungu kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, B, dan C. Pokoknya ubi ungu lezat dimakan dan baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti apa manfaat mengonsumsi ubi ungu? Berikut selengkapnya, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter.

1. Bisa Menjaga Berat Badan Ideal

Adsense

Ubi ungu memiliki kandungan serat yang baik, dimana serat tersebut bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama. Cocok untuk sobat Holopis yang sedang menjalani diet. Kemudian ubi ungu juga terdapat kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya.

2. Menambah Energi

Ubi ungu merupakan salah satu makanan penambah energi karena mengandung vitamin B6 yang berperan dalam proses pembentukan energi.

3. Bisa Menjaga Kesehatan Mata

Ubi ungu juga ternyata bisa menjaga kesehatan mata karena mengandung beta karoten tinggi. Kemudian terdapat juga kandungan vitamin C, zinc dan tembaga pada ubi ungu juga dapat mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula.

4. Bisa Cegah Gangguan Pencernaan

Makan ubi ungu bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya masalah pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS) dan diare. Umbi-umbian ini tinggi serat yang berperan dalam melunakkan tinja dan mendorong pergerakan usus, sehingga proses pencernaan di usus akan lebih lancar.

Selain itu, antioksidan pada ubi ungu juga dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

5. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Ubi ungu merupakan salah satu makanan indeks glikemik rendah yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa fenolik dan flavonoid pada ubi jalar dapat mendorong penyerapan glukosa di dalam darah sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga kadar gula darah dapat lebih terkontrol.

6. Bisa Cegah Penyakit Jantung

Suatu penelitian mengungkapkan bahwa kandungan kalium di dalam ubi ungu bisa menurunkan tekanan darah apda penderita hipertensi.

Ubi ungu juga mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan antiinflamasi pada ubi ungu juga diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

7. Bisa Cegah Kanker

Ubi ungu mengandung antosianin, yaitu zat pemberi warna ungu pada ubi dan bersifat antioksidan. Senyawa ini mampu melawan paparan radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker, terutama di ginjal, usus besar, dan payudara.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...

Jarang Dilirik, Kepala Sapi Ternyata Kaya Manfaat

Pada hari Raya Idul Adha, umat Muslim menyembelih hewan kurban. Namun, salah satu bagian yang seringkali kurang mendapatkan perhatian adalah bagian kepala sapi.

Mengandung Banyak Gizi, Begini Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein hewani yang populer di berbagai belahan dunia. Selain rasanya yang lezat, daging sapi juga dikenal karena kandungan gizinya yang kaya dan beragam.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS