BerandaNewsEkobizBansos 10 Kg Beras Berlanjut, Pemerintah Siapkan Duit Rp 9 Triliun

Bansos 10 Kg Beras Berlanjut, Pemerintah Siapkan Duit Rp 9 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menyampaikan, bahwa bantuan sosial (bansos) pangan berupa 10 kilogram (kg) beras telah diputuskan untuk dilanjutkan. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Untuk melanjutkan program tersebut, Arief mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp9 triliun untuk melanjutkan bantuan pangan berupa 10 kilogram (kg) beras.

“Bantuan pangan (beras 10 kg) ini diputus dalam rapat internal sama Pak Presiden, (dilanjutkan) bulan delapan, 10 dan 12. (Anggarannya) sekitar Rp9 triliun,” kata Arief dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (8/6).

Arief menjelaskan bahwa program penyaluran bansos beras tersebut telah memasuki tahap ketiga, dimana bansos beras itu akan diberikan kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Tahun lalu kan juga nggak full 12 bulan, tahun ini (dilanjutkan tahap tiga untuk bulan) 8, 10, dan 12 karena Pak Presiden kan selalu menyampaikan dalam beberapa kesempatan akan melihat postur APBN juga,” ucap Arief.

Dia lantas menjelaskan, bahwa bantuan pangan beras tersebut tidak diberikan secara penuh sebanyak 12 bulan dalam setahunnya. Hal itu karena pemerintah tetap memperhatikan kemampuan fiskal, yang dalam hal ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kalau APBN-nya, Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) menyampaikan kita akan lakukan tiga bulan, maka tiga bulan berarti bulan 8, 10, dan 12. Karena kita lihat juga fiskal, jangan hanya untuk pemenuhan bantuan pangan, tapi kegiatan yang lain yang penting juga jangan sampai tertinggal, itu keputusannya dalam rapat kabinet,” jelas Arief.

Adapun untuk melanjutkan program bansos beras tersebut, Arief mengatakan, bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp9 triliun yang bersumber dari APBN.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS