Penjual Hewan Kurban Jadi Sasaran Pemeriksaan Cegah Antraks di Jakarta Pusat

Kegiatan itu menyasar sejumlah Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK) dalam rangka Iduladha 1445 H / 2024 yang tengah diperjual-belikan kepada masyarakat di wilayah administrasi Jakarta Pusat.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melalui Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (Pusyankeswannak), menggelar surveilans penyakit hewan antraks di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Kegiatan itu menyasar sejumlah Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK) dalam rangka Iduladha 1445 H / 2024 yang tengah diperjual-belikan kepada masyarakat di wilayah administrasi Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, bahwa kegiatan surveilans penyakit anthrax ini dilaksanakan mulai Rabu (5/6) hingga Kamis (6/6). Hal ini sebagai bentuk pencegahan maraknya penyakit antraks pada hewan kurban Idul Adha.

“Hari pertama kegiatan menyisir wilayah Kecamatan Menteng dan Tanah Abang. Hari kedua di wilayah Kemayoran,” kata Penty dalam keterangannya pada Kamis (6/6) seperti dikutip Holopis.com.

Dikatakan Penty, pada hari pertama petugas Pusyankeswannak Dinas KPKP menyambangi empat lokasi TPnHK di Kecamatan Menteng dan enam lokasi di Tanah Abang. Mereka juga telah mengambil 25 sampel darah dan tanah dari empat lokasi.

“Hingga Kamis (6/6) sudah ada kurang lebih 25 sampel yang diambil dari lima kandang yang ada di Jakarta Pusat,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Pusyankeswannak Dinas KPKP DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan menambahkan, bahwa kegiatan surveilans penyakit anthrax ini memang dilakukan untuk menyasar seluruh wilayah di DKI Jakarta. Kegiatan dilaksanakan secara menyeluruh dilakukan sejak 27 Mei hingga 13 Juni 2024 mendatang.

Diharapkan Renova, kegiatan surveilans ini bisa mengantisipasi dan menangkal penyakit anthrax masuk ke wilayah Jakarta menjelang Iduladha 1445 H.

Untuk program ini, Renova juga mengatakan bahwa pihak memiliki target surveilans sebanyak 105 lokasi TPnHK dengan 525 jumlah sampel preparat ulas darah (PUD), mereka semua menjadi sasaran kegiatan ini.

“Hingga hari ini hasil pengambilan sampel sudah dilakukan ke 53 lokasi TPnHK dan pengujian sebanyak 276 sampel. Seluruhnya kami nyatakan aman,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Tradisi Baru Berqurban, Tri Adhianto Bagikan Daging Siap Makan

HOLOPIS.COM, BEKASI - Bakal Calon Wali Kota Bekasi dari PDIP, Tri Adhianto Tjahyono mempelopori tradisi baru berkurban di momentum Idul Adha 1445 H /...

Via Vallen Ungkapkan Kesedihan Idul Adha Tanpa Mendiang Ayah

Penyanyi Via Vallen mengungkapkan kesedihannya saat ia merayakan Hari Raya Idul Adha tanpa kehadiran mendiang ayahnya, Almarhum Mohammad Arifin.

Zulhas Bagikan Daging Kurban ke 2.500 Mustahik di Lingkungan Kemendag

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bagikan daging kurban hasil pemotongan di momentum Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024 kepada pekerja di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu pagi (19/6) pagi.

Puncak Arus Balik Hari Ini, 38 Ribu Lebih Penumpang Menuju Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Paska Hari Raya Idul Adha 1445 H/tahun 2024, pantauan arus balik untuk kedatangan penumpang menuju Jakarta pada hari ini terpantau melonjak.  Manager...

Ayu Ting Ting Jadi Tukang Daging di Hari Raya Idul Adha

Ayu Ting Ting ikut sibuk saat merayakan Hari Raya Idul Adha. Setelah mengenakan pakaian muslim yang anggun dan melaksanakan salat Ied bersama keluarga.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.