PBNU Bilang 1 Dzulhijjah 1445 H Kemungkinan Hari Sabtu 8 Juni 2024

Gus Yahya menjelaskan, jika hilal sudah terlihat pada waktu pemantauan tepatnya 7 Juni 2024 sore, maka dapat ditetapkan 1 Zulhijah 1445 H jatuh pada 8 Juni 2024.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bakal segera menetapkan hilal 1 Zulhijah 1445 Hijirah. Penetapan tanggal ini adalah untuk menentukan Hari Raya Idul Adha 2024.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya mengatakan, bahwa posisi hilal saat ini sudah tinggi pada hari Kamis 6 Juni 2024 sore. Sehingga pihaknya akan melihat hilal kembali pada hari Jumat 7 Juni 2024 di beberapa titik seluruh wilayah Indonesia untuk memastikan tanggal 1 Dzulhijjah atau tahun baru Islam itu.

“Nah maka nanti pada tanggal 7 Juni itu besok, besok sore ini tim dari lembaga Falakiyah PBNU akan bekerja dengan menempatkan petugas-petugas di berbagai titik di seluruh Indonesia untuk melihat hilal,” kata Gus Yahya di Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (6/6) seperti dikutip Holopis.com.

Pun demikian, Gus Yahya menjelaskan, bahwa PBNU dalam penentuan awal bulan Hijriah berpegang pada rukyatul hilal atau pemantauan bulan secara langsung.

Untuk itu, Gus Yahya menjelaskan, jika hilal sudah terlihat pada waktu pemantauan tepatnya 7 Juni 2024 sore, maka dapat ditetapkan 1 Zulhijah 1445 H jatuh pada 8 Juni 2024.

“Menurut hisab posisi hilalnya tinggi sehingga ada harapan yang besar hilal bisa dilihat besok sore apalagi sudah masuk kemarau semoga tidak mendung,” ujarnya.

“Tapi buat NU kita tak bisa memastikan sampai kita menyaksikan adanya hilal pada akhir bulan yaitu besok sore maghrib,” pungkasnya.

Puasa Sunnah

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Dzulhijjah merupakan bulan istimewa yang menawarkan kesempatan meraih pahala berlimpah melalui berbagai amalan ibadah, salah satunya puasa Dzulhijjah.

Sebelum memasuki bulan Dzulhijjah, umat Islam terlebih dahulu menjalani bulan Dzulkaidah yang dimulai sejak 9 Mei dan berakhir pada 7 Juni 2024. Dengan berakhirnya Dzulkaidah, maka kalender Hijriah pun berganti menjadi Dzulhijjah, termasuk ke dalam salah satu dari 4 bulan haram. Dalam bulan haram ini, Allah SWT melarang pertumpahan darah dan peperangan, kecuali dalam kondisi darurat.

Dzulhijjah 1445 H sendiri akan berlangsung selama 29 hari, dimulai pada tanggal 8 Juni 2024 (1 Dzulhijjah 1445 H) dan berakhir pada 6 Juli 2024. Bulan penuh berkah ini menjadi momen istimewa karena di dalamnya terdapat perayaan Idul Adha yang umumnya jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Selain ibadah haji dan kurban, salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Dzulhijjah adalah puasa. Puasa Dzulhijjah dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah, dengan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah sebagai puasa yang paling utama.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

PBNU Anggap PKB Sudah Melenceng dari Fatsun

PBNU mencurigai bahwa PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) sudah mulai berupaya melarikan sejarah pendirian partai politik tersebut.

PB SEMMI Sarankan Gus Yahya Jangan Beri Sanksi 5 Tokoh Muda NU Foto di Israel

Ketua bidang Hukum dan HAM PB SEMMI, Gurun Arisastra menilai bahwa sikap Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) memberikan sanksi kepada kelima tokoh muda NU yang berswafoto dengan Presiden Israel, Isaac Herzog kurang pas.

Gus Yahya Bakal Sanksi 5 Tokoh Muda NU Usai Foto Bareng Presiden Israel

Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf memberikan respons atas munculnya sejumlah tokoh muda NU yang berkunjung dan berswafoto dengan pimpinan Israel, yang kemudian saat ini menjadi viral di media massa.

Heboh 5 Cendekiawan NU Malah Temui Presiden Israel, PBNU Bereaksi

Tindakan 5 (lima) Cendekiawan Nahdlatul Ulama (NU) membuat heboh publik. Pasalnya, kelima orang tersebut bertemu dan berfoto bersama Presiden Israel Isaac Herzog.

PBNU Risih Dibully Habis Usai Terima Hadiah Kelola Tambang

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengaku menerima banyak kritikan pedas dari publik atas keputusan organisasi yang menyambut pemberian izin pengelolaan tambang untuk organisasi masyarakat (ormas) keagamaan.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.