Rabu, 19 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanIni Manfaatnya Mendengarkan Musik, Yang Sering Stres Wajib Baca

Ini Manfaatnya Mendengarkan Musik, Yang Sering Stres Wajib Baca

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mendengarkan musik ternyata banyak manfaatnya loh bagi kesehatan fisik maupun mental. Salah satunya ternyata bisa mengatasi stres!

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa mendengarkan musik secara tidak langsung bisa mempengaruhi pikiran sobat Holopis sekalian. Maka tak heran, terkadang ada yang sedih, senang hingga tenang ketika mendengarkan musik.

Berikut ini sejumlah manfaat utama mendengarkan musik bagi kesehatan, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

1. Bisa Meningkatkan Suasana Hati

Penerbit Iklan Google Adsense

Musik memang bisa mempengaruhi suasana hati maupun mood ketika didengarkan, maka tak heran bahwa musik jadi salah satu terapi relaksasi untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan emosional.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat kecemasan.

2. Memperkuat Memori Otak

Mendengarkan musik merupakan salah satu terapi yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik bisa memperlambat penurunan fungsi otak akibat penuaan.

3. Meningkatkan Kreativitas

Mendengarkan musik bisa meningkatkan kreativitas, sebab karena gairah emosional yang ditimbulkan oleh pendengar musik merangsang kinerja otak dan memicu otak untuk berpikir kreatif.

4. Membuat Semangat dalam Beraktivitas

Mendengarkan musik yang energik bisa membangkitkan semangat dan mood untuk beraktivitas. Dengan begitu, Anda pun bisa produktif dan pekerjaan yang rumit pun mampu diselesaikan dengan baik.

5. Bisa Mengontrol Darah

Musik bisa menjaga tekanan darah tetap normal, sejumlah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mendengarkan musik bisa mengubah laju napas, tekanan darah hingga detak jantung.

Jika sobat Holopis memiliki kondisi tekanan darah tinggi, maka mendengarkan musik dengan intensitas dan tempo ringan bisa jadi solusinya

6. Mengatasi Stres

Manfaat musik lainnya adalah mengatasi atau mengelola stres. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stres yang dialami daripada mereka yang tidak.

Ini karena mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Selain itu, manfaat musik juga dapat mengurangi gejala depresi yang disebabkan oleh stres.

Penerbit Iklan MGID
Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono Jateng 1

HOLOPIS FEEDS