Ini Manfaatnya Mendengarkan Musik, Yang Sering Stres Wajib Baca

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mendengarkan musik ternyata banyak manfaatnya loh bagi kesehatan fisik maupun mental. Salah satunya ternyata bisa mengatasi stres!

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa mendengarkan musik secara tidak langsung bisa mempengaruhi pikiran sobat Holopis sekalian. Maka tak heran, terkadang ada yang sedih, senang hingga tenang ketika mendengarkan musik.

Berikut ini sejumlah manfaat utama mendengarkan musik bagi kesehatan, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

1. Bisa Meningkatkan Suasana Hati

Musik memang bisa mempengaruhi suasana hati maupun mood ketika didengarkan, maka tak heran bahwa musik jadi salah satu terapi relaksasi untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan emosional.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat kecemasan.

2. Memperkuat Memori Otak

Mendengarkan musik merupakan salah satu terapi yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik bisa memperlambat penurunan fungsi otak akibat penuaan.

3. Meningkatkan Kreativitas

Mendengarkan musik bisa meningkatkan kreativitas, sebab karena gairah emosional yang ditimbulkan oleh pendengar musik merangsang kinerja otak dan memicu otak untuk berpikir kreatif.

4. Membuat Semangat dalam Beraktivitas

Mendengarkan musik yang energik bisa membangkitkan semangat dan mood untuk beraktivitas. Dengan begitu, Anda pun bisa produktif dan pekerjaan yang rumit pun mampu diselesaikan dengan baik.

5. Bisa Mengontrol Darah

Musik bisa menjaga tekanan darah tetap normal, sejumlah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mendengarkan musik bisa mengubah laju napas, tekanan darah hingga detak jantung.

Jika sobat Holopis memiliki kondisi tekanan darah tinggi, maka mendengarkan musik dengan intensitas dan tempo ringan bisa jadi solusinya

6. Mengatasi Stres

Manfaat musik lainnya adalah mengatasi atau mengelola stres. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stres yang dialami daripada mereka yang tidak.

Ini karena mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Selain itu, manfaat musik juga dapat mengurangi gejala depresi yang disebabkan oleh stres.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

3 Minuman untuk Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Baik untuk kesehatan maupun kenyamanan sosial, Sobat Holopis pasti tidak mau memiliki bau badan. Mengendalikan bau badan adalah hal yang penting.

Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja via Email

Mengirim lamaran kerja adalah langkah krusial dalam mencari pekerjaan. Selain isi dari pesan yang disampaikan, waktu pengiriman juga memiliki peran penting.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...