Senin, 17 Juni 2024
BerandaNewsRagamHindari Kebiasaan Ini Jika Asam Lambung Gak Mau Ngamuk

Hindari Kebiasaan Ini Jika Asam Lambung Gak Mau Ngamuk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penyakit asal lambung adalah kondisi yang diderita oleh banyak orang. Penyakit  ini sering dianggap sepele, padahal merupakan kondisi kesehatan yang cukup serius. Penyakit asal lambung adalah kondisi yang diderita oleh banyak orang. Penyakit  ini sering dianggap sepele, padahal merupakan kondisi kesehatan yang cukup serius.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Asam lambung adalah cairan pencernaan yang diproduksi oleh lambung untuk membantu dalam proses pencernaan makanan. Namun, ketika asam lambung naik ke kerongkongan, itu bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman yang dikenal sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung naik.

Kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti sensasi terbakar di dada (heartburn), rasa asam di tenggorokan, dan bahkan bisa mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari.

Berikut ini adalah 5 pemicu utama yang bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

- Advertisement -

1. Konsumsi Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan pedas dan berlemak dapat merangsang produksi asam lambung lebih banyak, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Makanan pedas dan berlemak juga memperlambat proses pencernaan, sehingga memberi kesempatan bagi asam lambung untuk naik ke atas.

2. Konsumsi Minuman Berkafein dan Bersoda

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda mengandung zat-zat yang dapat merangsang produksi asam lambung. Selain itu, minuman bersoda sering kali mengandung gas yang dapat memicu perut terasa penuh dan menekan sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan asam lambung untuk naik.

3. Makan Terlalu Banyak atau Terlalu Cepat

Makan terlalu banyak dalam satu waktu atau makan dengan cepat dapat menyebabkan peningkatan tekanan di perut, yang dapat mendorong asam lambung naik ke atas. Disarankan untuk makan dalam porsi kecil dan mengunyah makanan dengan perlahan untuk mencegah gejala naiknya asam lambung.

4. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat merusak sfingter esofagus bagian bawah, yang bertanggung jawab untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya, perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah asam lambung.

5. Kebiasaan Menggunakan Pakaian Ketat

Memakai pakaian yang terlalu ketat dapat meningkatkan tekanan pada perut, yang dapat mendorong asam lambung naik ke atas. Karena itu, penting untuk menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat, terutama setelah makan.

Jaga makan dan kesehatan ya, Sobat Holopis!

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Hadapi Libur Panjang, Kemenhub Sidak Kesiapan Transportasi Umum

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hadapi libur panjang, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi adanya peningkatan mobilitas masyarakat.  Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan sejumlah kesiapan pada...

Tips Potong Buah Semangka Simple

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Semangka adalah salah satu jenis buah favorit yang sering disantap untuk menjadi buah pencuci mulut setelah hidangan yang beragam. Hal tersebut...

2.125 Warga di Kabupaten Pohuwato Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda empat Kecamatan yang berada di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo dan berdampak kepada ribuan warga.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS