BerandaNewsRagamHindari Kebiasaan Ini Jika Asam Lambung Gak Mau Ngamuk

Hindari Kebiasaan Ini Jika Asam Lambung Gak Mau Ngamuk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penyakit asal lambung adalah kondisi yang diderita oleh banyak orang. Penyakit  ini sering dianggap sepele, padahal merupakan kondisi kesehatan yang cukup serius. Penyakit asal lambung adalah kondisi yang diderita oleh banyak orang. Penyakit  ini sering dianggap sepele, padahal merupakan kondisi kesehatan yang cukup serius.

Asam lambung adalah cairan pencernaan yang diproduksi oleh lambung untuk membantu dalam proses pencernaan makanan. Namun, ketika asam lambung naik ke kerongkongan, itu bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman yang dikenal sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung naik.

Kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti sensasi terbakar di dada (heartburn), rasa asam di tenggorokan, dan bahkan bisa mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari.

Berikut ini adalah 5 pemicu utama yang bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

Penerbit Iklan Google Adsense

1. Konsumsi Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan pedas dan berlemak dapat merangsang produksi asam lambung lebih banyak, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Makanan pedas dan berlemak juga memperlambat proses pencernaan, sehingga memberi kesempatan bagi asam lambung untuk naik ke atas.

2. Konsumsi Minuman Berkafein dan Bersoda

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda mengandung zat-zat yang dapat merangsang produksi asam lambung. Selain itu, minuman bersoda sering kali mengandung gas yang dapat memicu perut terasa penuh dan menekan sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan asam lambung untuk naik.

3. Makan Terlalu Banyak atau Terlalu Cepat

Makan terlalu banyak dalam satu waktu atau makan dengan cepat dapat menyebabkan peningkatan tekanan di perut, yang dapat mendorong asam lambung naik ke atas. Disarankan untuk makan dalam porsi kecil dan mengunyah makanan dengan perlahan untuk mencegah gejala naiknya asam lambung.

4. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat merusak sfingter esofagus bagian bawah, yang bertanggung jawab untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya, perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah asam lambung.

5. Kebiasaan Menggunakan Pakaian Ketat

Memakai pakaian yang terlalu ketat dapat meningkatkan tekanan pada perut, yang dapat mendorong asam lambung naik ke atas. Karena itu, penting untuk menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat, terutama setelah makan.

Jaga makan dan kesehatan ya, Sobat Holopis!

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Jokowi Ajak Prabowo Saksikan Defile di HUT ke-78 Bhayangkara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto untuk menyaksikan penampilan defile pasukan upacara HUT ke-78 Bhayangkara.

Dompet Dhuafa Groundbreaking Masjid di Long Xuyen Vietnam

Menjelang milad ke 31 Dompet Dhuafa kembali menjalankan misi kemanusiaan. Kali ini adalah menuju Kota Long Xuyen, Provinsi An Giang, Vietnam dalam rangka pembangunan masjid untuk masyarakat muslim minoritas di sana.

Khasiat Keju untuk Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

Siapa sih yang tidak suka keju? Keju bukan hanya lezat untuk dinikmati sebagai camilan atau tambahan pada berbagai hidangan, tetapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Cara Menjaga Diri dari HIV: Langkah-langkah Pencegahan yang Efektif

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Polri Gelar Pesta Rakyat HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Ada Makanan dan Minuman Gratis

Polri menggelar Pesta Rakyat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78, di Lapangan Monas pada Senin 1 Juli 2024. Kegiatan tersebut akan diisi berbagai acara, dan diramaikam dengan penampilan sejumlah artis Tanah Air.

Jokowi Ajak Masyarakat Doakan Pemulihan Prabowo Subianto

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengunggah momen kebersamaan dirinya saat tengah menjenguk Menhan Prabowo Subianto yang tengah menjalani perawatan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS