BerandaNewsRagamHari Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Adha 2024

Hari Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Adha 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat Awal Zulhijah 1445 Hijriah pada hari ini, Jumat 7 Juni 2024, yang juga penetapan Hari Raya Idul Adha 2024.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menyampaikan, bahwa sidang isbat tersebut penting untuk dilaksanakan, mengingat keputusan dalam sidang isbat merupakan keputusan resmi dari pemerintah.

“Sidang Isbat ini penting untuk selalu kita laksanakan, karena masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah,” ujar Kamaruddin Amin dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (7/6).

Pelaksanaan sidang isbat yang berlangsung di Auditorium Kemenag akan dihadiri Komisi VIII DPR RI, pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), duta besar negara sahabat, perwakilan Ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam pelaksanaannya, sidang Isbat Awal Zulhijah akan dimulai dengan seminar hybrid terkait kriteria penetapan awal bulan Hijriyah, yang diikuti perwakilan ormas Islam dan para tamu undangan.

Setelah Magrib, agenda dilanjutkan dengan Sidang Isbat secara tertutup. Agenda akan diakhiri oleh konferensi pers penetapan awal Zulhijah yang merupakan hasil Sidang Isbat yang berlangsung tertutup.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menyampaikan, bahwa ketinggian hilal pada saat dilaksanakan sidang Isbat berada di atas ufuk antara (tujuh derajat lima belas koma delapan puluh dua menit) sampai 10° 41.09′ (sepuluh derajat empat puluh satu koma sembilan menit).

Kemudian untuk sudut elongasinya di antara 11°34.83′ (sebelas derajat tiga puluh empat koma delapan puluh tiga menit) sampai 13°14.47′ (tiga belas derajat empat belas koma empat puluh tujuh menit).

Dengan demikian, posisi hilal telah melampaui kriteria Imkanur rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yang mengisyaratkan tinggi hilal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

“Artinya, secara astronomis, pada 7 Juni 2024, hilal diperkirakan dapat terlihat di beberapa wilayah di Indonesia. Tinggal nanti bergantung dengan cuaca setempat,” imbuh Adib.

Dengan demikian, Adib menambahkan, hasil perhitungan Imkanur rukyat ataupun Wujudul Hilal penentuan awal bulan Zulhijah berpotensi memiliki kesamaan. Sehingga, di tahun ini, umat Muslim di Indonesia diperkirakan dapat merayakan hari Iduladha secara serentak.

Kendati begitu, Adib menekankan untuk menunggu hasil Sidang Isbat.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hujan Deras, Turap Dinding Tol JORR Bintaro Longsor

HOLOPIS.COM, TANGSEL - Akibat hujan deras turap dinding di bantara ruas Tol JORR, di Jalan Mulia Bhakti, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan longsor, sekitar pukul...

Tahun Baru Islam Libur Nasional? Begini Ketentuannya

Biasanya, pemerintah menetapkan perayaan keagamaan seperti tahun baru Islam sebagai sebagai libur nasional. Lantas, apakah tahun baru Islam 1446 Hijriah masuk dalam daftar hari libur nasional?

Menag Ajak Umat Jadikan Tahun Baru Islam Semangat Hijrah

Menag mengajak untuk menjadikan semangat tahun baru ini sebagai inspirasi melakukan evaluasi dan perbaikan diri.

Rekomendasi Oleh-oleh di Jakarta Fair 2024 Untuk Dibawa Pulang

Jakarta Fair Kemayoran 2024 masih berlangsung, masih banyak yang bisa dikunjungi. Salah satunya, yakni oleh-oleh yang bisa didapatkan tanpa perlu jauh-jauh ke kota asalnya.

Puslabfor Masih Menyelidiki Kebakaran Revo Mall Bekasi

Bekasi,Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji menyebutkan bahwa penyebab kebakaran Revo Mall yang terjadi pada Sabtu 22 Juni 2024 lalu belum diketahui,Untung juga menyebut...

Heru Akan Pasang Kembali Papan Plang Jakhabitat Yang Hilang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Papan plang Jakhabitat era Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Rusunami Cilangkap, Jakarta Timur hilang. Hilangnya papan tersebut sempat diunggah...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS