BerandaNewsKesehatanManfaat Seledri untuk Kesehatan yang Patut Diketahui, Salah Satunya Bisa Kontrol Berat...

Manfaat Seledri untuk Kesehatan yang Patut Diketahui, Salah Satunya Bisa Kontrol Berat Badan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Seledri merupakan salah satu sayur-sayuran yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya seledri diolah sebagai pelengkap bersama sayur sop, maupun olahan sayur lainnya.

Ternyata seledri tak hanya enak sebagai pelengkap makanan, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh loh.

Berikut ini beragam manfaat seledri untuk kesehatan tubuh beserta Nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

Kandungan Nutrisi pada Seledri

Penerbit Iklan Google Adsense

Seledri kaya akan serat, dan kaya akan karbohidrat serta protein yang termasuk dalam makronutrisi. Makronutrisi itu sendiri merupakan jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak

Seledri juga banyak mengandung vitamin serta mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan kolin. Berbagai jenis antioksidan pun terkandung di dalamnya, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid.

Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Tekanan Darah

Seledri bisa menurunkan tekanan darah karena mengandung kalium, antioksidan dan senyawa phthalide yang dapat mengendurkan otot-otot dinding pembuluh darah arteri.

Efek ini bisa membuat aliran darah lebih lancar dan menurunkan tekanan darah. Seledri juga baik dikonsumsi sebagai salah satu pilihan sayuran untuk mengontrol tekanan darah. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus, sup, ataupun snack sayuran kering.

2. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi seledri baik dalam bentuk makanan atau minuman dipercaya bisa menurunkan berat badan. Sebab selain mengandung kalori yang rendah, seledri juga memiliki serat yang tinggi sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama

3. Membantu Memelihara Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat seledri bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalium dalam seledri yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta menjaganya tetap normal. Kalium juga penting untuk mengatur irama detak jantung.

Selain itu, seledri juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah terbentuknya sumbatan atau plak di pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Seledri juga baik untuk saluran pencernaan. Ada pun manfaat yang diperoleh karena memiliki kandungan air dan serat yang tinggi di dalamnya. Tak hanya melancarkan pencernaan, seledri juga dapat mencegah sembelit.

5. Bisa Mengontrol Gula Darah

Mungkin manfaat yang satu ini bukan rahasia belaka, masyarakat pada umumnya sudah banyak mengetahui bahwa seledri bisa mengontrol gula darah.

Konsumsi seledri, khususnya jus seledri, dapat mengontrol kadar gula darah. Ini karena seledri banyak mengandung antioksidan yang dapat melindungi pankreas, yaitu organ penghasil insulin dan mendukung efektivitas kerja hormon insulin dalam mengontrol gula darah.

Tak hanya itu, seledri juga termasuk dalam makanan dengan kadar indeks glikemik rendah. Dengan demikian, konsumsi seledri tidak akan membuat gula darah cepat meningkat, sehingga lebih mudah terkontrol. Ini menjadikan seledri baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kondisi prediabetes dan menjadi jus penurun gula darah yang efektif.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS