BerandaNewsEkobizLuhut Yakin Gelaran WWF di Bali Bakal Hasilkan 120 Proyek Strategis

Luhut Yakin Gelaran WWF di Bali Bakal Hasilkan 120 Proyek Strategis

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap, bahwa acara World Water Forum (WWF) ke-10 akan membahas sejumlah isu penting, salah satunya terkait proyek strategis di bidang air.

Dia menyebut, sebanyak 120 proyek strategis terkait air dan sanitasi senilai US$9,4 miliar itu akan disepakati saat gelaran WWF ke-10 yang akan berlangsung mulai hari ini, Sabtu (19/5) hingga 25 Mei 2024 mendatang.

“Kita harus menghasilkan concrete deliverables (hasil nyata) dari forum ini,” ujar Luhut dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (18/5).

Menurut Luhut, gelaran WWF ke-10 itu juga bakal mendorong tindak lanjut atas inisiatif Keketuaan Indonesia di G20 pada 2022 lalu, yaitu G20 Bali Global Blended Finance Alliance (GBFA).

Penerbit Iklan Google Adsense

Adapun, GBFA merupakan inisiatif terhadap dukungan pendanaan dalam aksi Iklim, termasuk mengatasi krisis air yang menimpa dunia saat ini.

“Kami akan mengadakan launching Sekretariat GBFA dan penandatanganan Lol dengan beberapa negara sebagai Founding Member,” tuturnya.

Selain itu, terdapat tiga usulan Indonesia dalam Deklarasi Menteri yang akan disampaikan ke United Nation, atau Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Adapun usulan tersebut meliputi pengelolaan air terpadu untuk Pulau-pulau kecil, pembentukan pusat keunggulan atau praktik terbaik untuk ketahanan air dan iklim, dan pencanangan Hari Danau Sedunia.

Secara terperinci, Luhut mengatakan gelaran forum air sedunia ini akan dihadiri oleh 13.448 orang dari 148 negara, dimana terdapat delegasi VVIP yang terdiri dari 8 kepala negara termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakil pemerintahan, 3 utusan khusus, dan 38 menteri.

Menurutnya, gelaran gelaran World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung selama sepekan di Pulau Dewata itu memiliki daya tarik tersendiri bagi dunia.

“Terdapat juga anggota parlemen dari berbagai negara, perwakilan daerah, asosiasi, perusahaan swasta, dan pemuda,” ungkap Luhut.

Sebagai informasi, World Water Forum merupakan pertemuan internasional terbesar yang membahas dan merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia, dimana forum ini telah menggelar pertemuan sebanyak sembilan kali.

Adapun pada pertemuan ke-10, akan dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Bali pada tanggal 18 hingga 25 Mei 2024.

Dalam pertemuan, terdapat empat hal yang akan menjadi fokus pembahasan, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS