Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Minta Anak Buah Ikuti Perkembangan Geopolitik dan AI

Sri Mulyani Minta Anak Buah Ikuti Perkembangan Geopolitik dan AI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati meminta jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), khususnya di Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) untuk mengikuti dinamika global yang ada saat ini.

Sri Mulyani menuturkan, bahwa dinamika global saat ini banyak sekali membuat perubahan, yang menurutnya dampak dari perubahan itu harus diantisipasi oleh Kemenkeu, khususnya DJA sebagai pelaksana fungsi keuangan negara.

“Jika DJA mampu mengidentifikasi tantangan ekonomi dan mampu menggunakan anggaran serta regulasi untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut, saya optimis DJA bisa menjadi motor luar biasa bagi pengelolaan ekonomi Indonesia,” ujarnya seperti dikutip Holopis.com, Jumat (17/5).

Setidaknya, terdapat empat dinamika global yang perlu diantisipasi. Pertama yakni ketegangan geopolitik saat ini telah merubah bagaimana cara negara-negara di dunia saling berinteraksi.

Menurutnya, hal tersebut menimbulkan dampak yang serius bagi perekonomian, seperti disrupsi rantai pasok yang dapat memengaruhi inflasi.

Kedua yakni perubahan iklim yang membuat bumi memanas dan meningkatkan berbagai risiko, seperti bencana alam. Kemudian ketiga yakni perubahan dari teknologi digital seperti pemanfaatan kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI).

Terakhir, yaitu perihal perubahan demografi, di mana saat ini mayoritas penduduk Indonesia masih berusia muda dan butuh bekal agar memiliki daya saing dan produktif.

Menurut Sri Mulyani, perubahan akibat dinamika global yang tak menentu merupakan suatu sebuah keniscayaan. Oleh sebab itu, ia mengingatkan jajarannya untuk tidak berhenti belajar dan terus meningkatkan kompetensi diri.

“Jadi untuk seluruh jajaran @kemenkeuri, ayo kita terus belajar, dari sejarah dan pengalaman dari berbagai sumber, agar kita bisa menjadi katalisator perekonomian Indonesia yang semakin mumpuni,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.