BerandaNewsRagamMuhadjir Imbau Sekolah Jangan Asal Pakai Bus untuk Study Tour

Muhadjir Imbau Sekolah Jangan Asal Pakai Bus untuk Study Tour

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko PMK, Muhadjir Effendy menyampaikan imbauannya agar seluruh organisasi atau lembaga pendidikan tidak sembarangan menggunakan PO atau armada bus untuk moda transportasi kegiatan study tour atau wisata.

Hal ini sebagai bagian dari respons atas insiden kecelakaan maut yang menimpa rombongan SMK Lingga Kencana Depok saat melakukan study tour ke Bandung menggunakan PO Trans Putera Fajar pada Sabtu, 11 Mei 2024 lalu.

“Kepala Sekolah harus hati-hari betul ketika mengajak siswanya ramai-ramai menggunakan kendaraan umum, kendaraan sewaan,” kata Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (14/5) seperti dikutip Holopis.com.

Jangan sampai baik armadanya tidak laik, lantas sopirnya juga bermasalah, misal dalam kondisi kurang baik dan pengetahuan minim tentang kendaraan yang ia kemudikan nanti.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Pastikan dulu baik sopirnya, maupun kondisi kendaraannya betul-betul memang siap,” ujarnya.

Bahkan apa yang terjadi para bus Putera Fajar juga sebenarnya menjadi concern dirinya ketika ikut mengelola mudik gratis di kegiatan lebaran, seperti mudik lebaran 2024 lalu. Lembaga atau penyelenggara mudik selalu diwanti-wanti agar tidak sembarangan menyewa bus untuk mengangkut para pemudik.

“Itulah yang selalu wanti-wanti ketika menangani mudik. Jangan nyewa bus atau pun minibus pariwisata, kecuali itu memang betul-betul pariwisata yang bsia dipercaya,” tuturnya.

Berkaca pada PO Putera Fajar yang kecelakaan di turunan Ciater tersebut, Muhadjir paham bahwa banyak armada bus rongsok yang sebenarnya tidak layak namun dipaksakan beroperasi dengan mengubah cak dan memodifikasi tampilannya saja, sehingga konsumen melihat bahwa seolah bus tersebut baru, padahal sudah tidak laik jalan.

“Orang melihat solahnya itu bus baru, padahal itu busa sudah tidak laik. Apalagi kalau itu (agen) wisata yang tidak resmi ya, tidak pernah melajukan uji kendaraan secara rutin,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS