Google Sematkan Tanda Khusus pada Aplikasi Milik Pemerintah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Google kini memberikan tanda khusus berbentuk ikon gedung, dengan tulisan ‘Government’ atau ‘Pemerintah’ pada aplikasi-aplikasi milik pemerintah yang tersedia di Google Play Store.

Pada saat tanda itu di tap, terdapat pop up notifikasi yang menyebut aplikasi tersebut merupakan aplikasi resmi pemerintah yang telah diverifikasi oleh Google.

“Pemerintah Resmi : Play memverifikasi bahwa aplikasi ini berafiliasi dengan entitas pemerintah,” bunyi pop up notifikasi tersebut, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (5/5).

Pop Up Notifikasi Tanda Pemerintah
Pop up notifikasi tanda khusus pada aplikasi milik Pemerintah di Google Play Store. [Foto : Ist]
Adapun tanda khusus tersebut disematkan guna mencegah pengguna menginstal aplikasi palsu, yang harus diakui masih cukup banyak bertebaran di toko aplikasi milik Google tersebut.

Adapun pemberian tanda khusus tersebut telah diumumkan Google pertama kali pada November 2023, yang dibarengi dengan uji coba secara terbatas.

Saat ini, tanda tersebut telah disematkan di lebih dari 3.000 aplikasi resmi milik pemerintahan dari 12 negara, termasuk Indonesia.

Adapun sebelas negara lainnya adalah Australia, Kanda, Jerman, Prancis, Inggris, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Brasil, India, dan Meksiko.

Dari penelusuran Holopis.com, sejumlah aplikasi dari Pemerintah Indonesia sudah memiliki tanda khusus tersebut, seperti Aplikasi Cek Bansos dari Kementerian Sosial. Kemudian Info BMKG, POLRI Super App, dan banyak lagi.

Namun, ada beberapa aplikasi milik pemerintah Indonesia di Google Play Store yang sampai saat ini belum mendapat tanda khusus pemerintah tersebut.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Google Pixel 9 Series Segera Meluncur, Bakal Ada Seri Lipatnya!

Google tengah bersiap untuk meluncurkan kembali smartphone model terbaru mereka, yakni Google Pixel 9 Series dalam waktu dekat ini. 

Begini Cara Google AI Deteksi Telepon Penipuan

Google punya sebuah fitur AI ( Artificial Intelligence ) atau kecerdasan buatan, yang bisa mendeteksi telepon penipuan.

Google Akan Buat Andorid Lebih Canggih dengan Fitur AI

Google memperkenalkan beberapa fitur AI ( artificial intelligence ) dalam gelaran Google I/O yang akan disematkan pada Android.

Google Punya Fitur AI yang Bisa Deteksi Panggilan Telepon Penipuan

Google punya sebuah fitur AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan, yang bisa mendeteksi telepon penipuan.

Google Mau Lebur Sistem Operasi Android dan ChromeOS

Google berencana akan menggabungkan dua platform, yakni sistem operasi Android dan ChromeOS untuk menciptakan integrasi yang lebih sederhana antara perangkat.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.