200 Calon Jemaah Haji Situbondo Gagal Berangkat ke Tanah Suci

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebanyak 200 calon jemaah haji asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur gagal berangkat ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo, Adi Ariyanto.

Adi menerangkan, hal yang membuat 200 calon jemaah haji gagal berangkat karena mereka belum melakukan pelunasan biaya haji sampai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Sekitar 200 orang calon haji tidak bisa berangkat karena belum melunasi biaya haji sampai dengan batas waktu yang ditetapkan 5 April 2024 lalu,” katanya dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (5/5).

Adapun pada tahun ini, Kemenag Situbondo mendapat kuota haji sebanyak 1.073. Namun yang dipastikan berangkat ibadah haji di tahun ini, kata Adi, hanya sebanyak 859 orang jemaah.

Adi menuturkan, pihaknya telah melakukan upaya perpanjangan waktu pelunasan biaya haji hingga beberapa kali. Namun begitu, ratusan jemaah tersebut belum juga melakukan pelunasan.

Salah satu yang menjadi alasan para jemaah tak kunjung melakukan pelunasan adalah karena adanya kenaikan besaran biaya haji. Terlebih di tahun ini, keberangkatan, biaya haji yang harus dibayarkan oleh jemaah asal Situbondo mencapai Rp 60,5 juta, dari yang sebelumnya hanya Rp 55,9 juta.

“Karena kesulitan untuk membayar kekurangan biaya haji jadi tidak bisa berangkat. Toh memang haji diperuntukkan bagi yang mampu, jadi kami tidak bisa memaksa,” tegasnya.

Adi menambahkan, karena kuota atau jatah pemberangkatan calon haji Situbondo belum terisi sesuai kuota, sehingga sudah diisi oleh calon haji luar Situbondo.

“Jadi, kuota yang tidak terpenuhi itu akan diisi calon haji cadangan nomor urut berikutnya se-Provinsi Jawa Timur, dan yang menentukan kuota itu bukan kabupaten melainkan provinsi,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Ada 45 Jemaah Haji Indonesia Dirawat di RS Arab Saudi

HOLOPIS.COM, ARAB SAUDI - Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M telah berakhir seiring dengan kepulangan kloter terakhir jemaah haji Indonesia pada 22 Juli...

BPKH Siap Ikuti Prosedur Bila Dipanggil Pansus Haji

Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Fadlul Imansyah menyatakan kesiapan pihaknya untuk mengikuti seluruh prosedur, jika nantinya dipanggil Pansus Haji.

Kebakaran Bikin 40 Ribu Ayam di Madiun Hangus Terpanggang

ebakaran hebat terjadi di sebuah kandang peternakan ayam yang berlokasi di Desa Karangrejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Senin (22/7) menjelang fajar.

Pemulangan Jemaah Haji Berakhir, Tapi 62 Orang Masih di Saudi Karena Sakit

Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, bahwa operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air pada musim haji tahun 2024 telah sepenuhnya berakhir.

Pansus Haji Bakal Gelar Rapat Perdana Pekan Depan

Panitia khusus (Pansus) Angket Haji 2024 dijadwalkan bakal menggelar rapat perdana pada pekan depan. Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.