NewsEkobizKemenkop UKM Minta Warung Madura Patuhi Jam Operasional, Adi Prayitno : Gini...

Kemenkop UKM Minta Warung Madura Patuhi Jam Operasional, Adi Prayitno : Gini Amat Atur Negara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Adi Prayitno menyayangkan narasi yang dibangun oleh Kementerian Koperasi yang meminta agar warung madura mematuhi jam operasional.

Menurutnya, narasi semacam itu sangat aneh dan timpang. Sebab, warung madura bukan sektor bisnis retail modern seperti halnya minimarket dan supermarket. Melainkan UMKM yang dikelola secara swasembada oleh masyarakat untuk sekadar memenuhi kebutuhan hidup mereka.

“Ya ampun Pak. Begini amat atur negara. Warung Madura buka 24 jam itu sekedar nyambung hidup,” kata Adi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (26/4).

Bagi akademisi asal Madura, Jawa Timur tersebut, bahwa warung madura yang saat ini ada di sejumlah kawasan di Indonesia bukan sekadar cari untung saja, akan tetapi ada aspek lain yang menjadi kebutuhan penting masyarakat kelas bawah di dalamnya.

“Untungnya nggak seberapa, cukup buat sekolahin anak di pesantren, bayar cicalan hutang ke rentenir karena gagal panen. Sisa makanan aja dipanasin terus buat hemat,” imbuhnya.

Polemik ini muncil pasca Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Arif Rahman Hakim memberikan komentarnya tentang operasional warung madura selama 24 jam.

Menurutnya, warung madura harus mematuhi jam operasional, sehingga jangan sampai buka selama 24 jam.

“Kalau ada regulasi terkait jam kerja, tentu kami minta untuk dipatuhi,” kata Arif di Bali pada hari Rabu (24/4) kemarin.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Pastikan Sepeda Motor Tak Kena Pembatasan BBM Pertalite

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengguna motor masih bisa membeli Pertalite setelah pembatasan pembelian BBM subsidi resmi berlaku.

Akhir Pekan, Harga Bahan Pangan Ramai-ramai Naik

Sejumlah harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional terpantau menunjukkan adanya kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Transaksi Bursa Karbon per Agustus 2024 Capai Rp 37,05 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan perkembangan terbaru mengenai bursa karbon, sejak resmi diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

Cadangan Devisa Indonesia Pecahkan Rekor Tertinggi

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2024 meningkat menjadi USD 150,2 miliar, dari yang sebelumnya per Juli 2024 sebesar USD 145,4 miliar.