Mentan Targetkan Tambahan Beras 1 Juta Ton dari Jateng

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menargetkan adanya tambahan pasokan beras setidaknya sebanyak 1 juta ton dari hasil produksi di daerah Jawa Tengah (Jateng).

Amran pun meyakini target tersebut bisa tercapai. Pasalnya, terdapat setidaknya 300 hektare lahan di Jateng yang memperoleh Indeks Pertanian atau IP 1,0. Ia menyebut angka IP di lahan tersebut akan ditingkatkan menjadi 3,0 dengan pompanisasi.

“Kalau kami angkah IP di lahan itu menjadi 2,0 saja, bisa ada tambahan 1 juta ton beras dari Jawa Tengah. Ini potensi luar biasa,” kata Amran dalam keterangan resmi yang dikutip Holopis.com, Kamis (21/3).

Amran menjelaskan, pompanisasi adalah kegiatan mengairi lahan sawah kering dengan air atas tanah menggunakan pompa. Menurutnya, skema pompanisasi tersebut menjadi solusi cepat untuk menangani masalah pangan saat ini.

Dan dia pun berencana untuk fokus melakukan pompanisasi pada lahan-lahan yang ada di Pulau Jawa.

“Luas area yang diairi dengan pompanisasi di Pulau Jawa minimal 500.000 hetare. Kami fokus di Pulau Jawa karena rentang kendalinya dekat dan 70 persen produksi di Pulau Jawa,” ujarnya.

Berdasarkan data Badan Pangan Nasional, tiga provinsi dengan luas lahan padi terbesar per April 2024 ada di Pulau Jawa, yakni Jawa Timur seluas 324.807 hektare, Jawa Tengah seluas 267.564 hektare, dan Jawa Barat seluas 221.511 hektare.

Meski demikian, Amran juga menargetkan skema pompanisasi ini juga akan diterapkan di luar Pulau Jawa, dengan target luas pengairan 500.000 hektar.

Adapun pompanisasi di luar Pulau Jawa ditargetkan untuk dilakukan di dua provinsi, yakni Sulawesi Selatan dengan lahan seluas 169.835 hektare, dan Lampung seluas 121.386 hektare.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Wamentan Sudaryono Siap Dukung Penuh Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mendorong jajaran kerja di lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendukung penuh upaya swasembada.

Hari Pertama Kerja, Wamentan Sudaryono Langsung Ngegas Soroti Pupuk Subsidi

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono langsung menyoroti permasalahan dalam penyaluran pupuk subsidi di hari pertamanya bekerja sebagai pendamping Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman.

KPK Ajukan Banding Vonis Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak terima atas vonis majelis hakim terhadap vonis mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Lembaga antikorupsi lantas mengajukan upaya hukum banding atas vonis penjara pemerasan dan penerimaan gratifikasi yang menjerat Syahrul Yasin Limpo. 

Dukung Ketahanan Pangan, Pangdam Cenderawasih dan Kementan Bagikan Alat Tani

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman beserta rombongan dalam rangka penanaman perdana dan optimalisasi lahan sawah seluas 40.000 Ha.

Hakim Perkuat Anak, Cucu, Keluarga Eks Mentan SYL Nikmati Hasil Korupsi dalam Vonis

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini dan menguatkan jika keluarga mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) turut menikmati hasil...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...