KPU Persiapkan Diri Hadapi Gugatan Sengketa Pemilu 2024 di MK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asyari menyampaikan, bahwa pihaknya mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai potensi gugatan sengketa Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia mengaku paham, bahwa selama proses rekapitulasi suara berlangsung, tedapat peserta pemilu yang menyampaikan catatan keberatan hingga keritikan atas hasil Pemilu 2024.

“KIta memahami di semua tingkatan jenjang rekapitulasi di tingkatan jenjang rekapitulasi, termasuk di tingkat nasional, ada peserta pemilu yang menyampaikan catatan-catatan, menyampaikan kritik, dan juga menyampaikan catatan keberatan terhadap hasil pemilu,” kata Hasyim dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Rabu (20/3).

Dia menambahkan, berbagai catatan dan kritikan dari para peserta Pemilu itu tentu besar kemungkinan di bawa ke meja Mahkamah Konstitusi untuk dipersengketakan.

“Maka kami kami juga akan menyiapkan berbagai sesuatunya, berbagai potensi sengketa yang akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi, sebagai bentuk pertanggung jawaban KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2024 ini,” tegas Hasyim.

Ia pun mengimbau kepada KPU di tingkat derah, baik itu provinsi maupun Kabupaten/Kota yang tidak teregister dalam gugatan sengketa Pemilu di MK, untuk melanjutkan tahapan selanjutnya, yakni penetapan kursi hingga penetapan caleg terpilih.

Lebih lanjut dalam kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan bahwa pihaknya di KPU telah membuka pendaftaran bagi masyatakat yang hendak maju dalam kontestasi Pilkada 2024

“Kami di KPU selain menuntaskan kegiatan-kegiatan tahapan Pemilu 2024, juga mulai memasuki Pilkada 2024,” tandasnya.

Sebagainamana diketahui, KPU telah merampungkan seluruh tahapan rekapitulasi suara, dan telah resmi menetapkan hasil Pemilu 2024 pada Rabu (20/3) malam.

Adapun untuk pendaftaran gugatan sengketa Pemilu 2024 di MK, mulai dibuka hingga tiga hari ke depan, yakni mulai Kamis 21 hingga 24 Maret 2024 mendatang.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

DPR Belum Terima Surpres Penggantian Ketua KPU, Jokowi : Proses Administrasi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) membantah pihaknya menghambat untuk segera mengeluarkan surat presiden (surpres) pergantian Ketua KPU.

Ingat! Caleg Terpilih Belum Lapor Harta Kekayaan Tak Akan Dilantik

Calon anggota legislatif (caleg) terpilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak akan dilantik, apabila belum menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mahfud MD Nilai Hasyim Asyari Bisa Dipidana di Kasus Asusila

Mantan Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju, Prof Mahfud MD mengatakan, bahwa eks ketua KPU, Hasyim Asy’ari, tidak cuma bisa dipecat sebagai Ketua KPU atas tindakan asusila yang dilakukannya

Cak Imin Anggap Kritik Mahfud ke KPU Jadi Peringatan

Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin mendukung kritik yang disampaikan Mahfud MD kepada KPU RI terkait putusan DKPP.

Sah, Jokowi Pecat Hasyim Asy’ari Dengan Tidak Hormat

Presiden Jokowi (Joko Widodo) dipastikan telah menandatangani keputusan presiden (keppres) pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai anggota KPU.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.