BerandaIslampadRamadanGrebek Kampung Dompet Dhuafa Selami, Pengelolaan ZISWAF Secara Tepat

Grebek Kampung Dompet Dhuafa Selami, Pengelolaan ZISWAF Secara Tepat

HOLOPIS.COM, YOGYAKARTA – Membangun keberdayaan masyarakat dhuafa dan prasejahtera menjadi mimpi besar Dompet Dhuafa dalam mengelola zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF).

Di momen Ramadan menjadi upaya Dompet Dhuafa memaksimalkan kolaborasi kebaikan. Grebek Kampung pada hari Rabu (20/3) kemarin menjadi salah satu upaya tersebut, sebagai kegiatan holistik mulai dari Tebar Zakat Fitrah, Santunan untuk Yatim dan Guru Honorer, Berbagi Menu Berbuka dan Sahur bersama, Kajian, serta Edukasi agama turut dihelat dalam agenda tersebut. Termasuk juga saling mengenal lebih dekat penerima manfaat, penggerak program dan seluruh partner kebaikan.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta Muhammad Zahron mengatakan, bahwa Grebek Kampung Dompet Dhuafa tahun ini, mengambil titik di Aloe Veraland yang terletak di Desa Katongan, Nglipar, Gunung Kidul, Yogyakarta.

“Kegiatan tersebut merupakan upaya Dompet Dhuafa dalam mengedukasi masyarakat tentang peran ZISWAF yang kami gulirkan dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat seperti Aloe land ini. Selain itu kami turut menyalurkan Tebar Zakat Fitrah, Parsel Ramadan dan Kado untuk anak-anak yatim maupun guru honorer,” kata Zahron dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com.

Penerbit Iklan Google Adsense

Zahron juga menambahkan bahwa gelaran kali ini turut dimeriahkan oleh Mr Jarwo dan Benu Boloe yang merupakan host kuliner di Cerita Rasa Kompas TV. Hadirnya Grebek Kampung diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan literasi masyarakat tentang manfaat zakat, infak, sedekah hingga wakaf. Karena pengelolaan Ziswaf yang tepat, akan menumbuhkan ekonomi-ekonomi pemberdayaan baik berbasis umkm, dakwah, pendidikan, kesehatan maupun budaya dalam upaya meratakan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai upaya Dompet Dhuafa mencapai target satu juta penerima manfaat dalam Ramadan 1445 H, ragam program lainnya terus digulirkan seperti Mudik Gratis, Pos Mudik, Tebar Zakat Fitrah, Fidyah, Berbagi Paket Sahur dan Berbuka Puasa, Sedekah Qur’an, Sedekah Anak Yatim, Parsel Ramadan, THR Pejuang Keluarga, Borong Takjil, Sedekah alat ibadah hingga Ramadan di Palestina.

Bahkan, Dompet Dhuafa cabang Yogyakarta selaku tuan rumah Grebek Kampung, terus mengajak masyarakat setempat menyalurkan kebaikan ziswafnya melalui konter yang tersebar di Yogyakarta. Ada 13 titik konter zakat di Yogyakarta yang dapat ditemukan di Bank Syariah Indonesia KCP Godean; Bank Mandiri KCU Sudirman dan KCP UGM; Lotte Grosir; Sleman City Hall; Grand Rohan Hotel; Jogja City Mall; Super Indo Godean dan Sultan Agung; Galeria Mall; Gardena Dept. Store; Paradise Palagan Residence; Masjid Green Hills Residence serta Kantor Dompet Dhuafa Yogyakarta yang terletak di Jalan Madubronto, Patangpuluhan, Wirobrajan. Hadirnya layanan tersebut diharapkan mendekatkan dan memudahkan masyarakat untuk konsultasi dan menyalurkan ZISWAF-nya.

Di sisi lain, penggiat UMKM bernama Murni yang menjalankan bisnis makanan ringan, mengaku sangat terbantu dalam program Grebek Kampung.

Alhamdulillah, adanya Grebek Kampung, dagangan saya dilariskan atau diborong oleh tim Dompet Dhuafa untuk membantu menyuplai konsumsi para anak-anak dalam berbuka nanti,” ujar Murni.

Lantas, Murni yang juga sering menjajakan panganan ringan seperti sosis goreng, telur gulung dengan menggunakan motor dalam berjualan kelilingnya, dengan ini ia dapat istirahat dengan cepat dan dapat melaksanakan berbuka puasa dengan keluarganya.

Grebek Kampung juga dimeriahkan dengan penampilan Mr Jarwo dengan membawakan lagu-lagu hitsnya seperti Titipan Sahabat, mendorong masyarakat untuk membantu dan memuliakan yatim bersama Dompet Dhuafa.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.

551.876 Kendaraan Sudah Mudik dari Jabotabek

PT Jasa Marga mencatat adanya peningkatan kendaraan di sejumlah ruas jalan tol. Aktivitas lalu lintas ini terjadi sejak H-7 sampai dengan H-5 Lebaran. Tercatat 551.876 kendaraan yang meninggalkan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek).

Adara Hadirkan Edukasi Palestina di 250 Titik di Seluruh Indonesia

Adara menghadirkan edukasi Palestina di lebih dari 257 titik melalui program Kolaborasi Kebaikan (KOLAK) Ramadan di seluruh Indonesia.

Adara Salurkan Bantuan Ramadan Kepada 8 Ribu Lebih Keluarga di Palestina

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama bulan suci Ramadan 1445 H, Adara bersama mitra dan komunitas Adara telah mengirimkan bantuan ke berbagai wilayah di Palestina. Total...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS