Sah! Cyrus Margono Resmi Jadi WNI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cyrus Margono telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah menjalani pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (21/3).

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa Cyrus Margono telah menjalani pengambilan sumpahnya pada pagi tadi.

Dalam hal ini, Staf Khusus Kemenpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan yang juga mendampingi Cyrus Margono saat prosesi pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, menyatakan bahwa Cyrus telah sah berstatus WNI.

Hamdan Hamedan juga menegaskan bahwa Curys Margono bukan melalui jalur naturalisasi, melainkan melalui jalur Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM).

“Alhamdulillah, hari ini si anak Jaksel (Jakarta Selatan) @cmargono disumpah menjadi warga negara Indonesia,” ungkap Hamdan Hamedan, seperti dikutip Holopis.com dari unggahan Instagram @hamdan.hamedan.

“Sebuah perjalanan yang panjang yang, alhamdulillah, berkat doa dan dukungan banyak pihak akhirnya menemukan konklusinya,” sambungnya.

“Sekadar informasi, Cyrus adalah anak berkewarganegaraan ganda yang terlambat memilih Indonesia lalu diberikan kesempatan untuk memilih Indonesia melalui PP No. 21 Pasal 3A dan PERMENKUMHAM No. 13 tahun 2023,” tambahnya.

Lanjutnya, Hamdan menyampaikan bahwa proses menjadi WNI bagi Cyrus ini unik.

“Jadi sekali lagi, ini bukan naturalisasi. Namun kasus Cyrus terbilang unik. Cyrus adalah kasus pertama dalam sejarah bagi anak berkewarganegaraan ganda terbatas yang lahir di luar negeri dan telat memilih lalu mendapatkan kembali kewarganegaraannya,” ujarnya lagi.

“Hal ini merupakan terobosan hukum dari Kemenkumham untuk menyelamatkan kewarganegaraan puluhan bahkan ratusan anak-anak Indonesia. Ini bukti hadirnya negara. Salut dan hormat untuk Kemenkumham,” sambungnya.

Dengan resminya Cyrus Margono, maka persaingan untuk mengisi posisi kiper Timnas Indonesia pun semakin panas. Mengingat, PSSI juga kabarnya tengah mencoba menaturalisasi kiper Maarten Paes asal klub FC Dallas.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Jadwal Semifinal Piala AFF U-19 2024 Indonesia vs Malaysia

Laga Indonesia vs Malaysia akan tersaji di Piala AFF U-19 2024. Berikut jadwal selengkapnya di artikel ini.

Semifinal Piala AFF U-19 2024 : Indonesia vs Malaysia

Timnas U-19 Indonesia pada akhirnya akan menghadapi Malaysia di semifinal Piala AFF U-19 2024. Hal itu didapat usai Harimau Malaya keluar sebagai juara Grup C.

Timnas U-19 Indonesia Masih Perlu Perbaikan Tatap Semifinal Piala AFF

Timnas U-19 Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2024, pelatih Indra Sjafri pun menilai bahwa skuadnya masih perlu perbaikan untuk melakoni laga semifinal nanti.

Indonesia Menanti di Semifinal Piala AFF U-19 2024, Lawan Malaysia atau Thailand?

Timnas U-19 Indonesia telah dipastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2024. Skuad Garuda Muda pun kini menanti pemenang laga antara Malaysia kontra Thailand di Grup B.

Ini Klasemen Akhir Piala AFF U-19 2024 Grup A : Indonesia Teratas!

Timnas U-19 Indonesia memastikan langkahnya ke semifinal Piala AFF U-19 2024, dengan status juara Grup A. Pencapaian itu didapat, usai memenangi laga pamungkas kontra Timor Leste.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.