BerandaNewsEkobizJokowi Beri Titah Khusus ke Menhub Usai Resmikan Bandara Singkawang

Jokowi Beri Titah Khusus ke Menhub Usai Resmikan Bandara Singkawang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan titah khusus ke Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, setelah meresmikan Bandara Singkawang di Kalimantan Barat (Kalbar), pada Rabu (20/3) pagi tadi.

Titah itu utamanya terkait skema kerja sama dalam pembangunan bandara tersebut. Jokowi ingin, agar skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) itu diterapkan ke proyek-proyek lainnya.

“Dan saya tadi bisik-bisik ke Menteri Perhubungan bahwa bandara ini bisa jadi contoh, di-copy, direplikasi, di daerah lain utamanya skema kerja sama tadi,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (20/3).

Menurutnya, skema kerja sama tersebut akan mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Ada skema KPBU plus CSR ini sekali lagi akan percepat potensi yang ada di tanah air kita,” tuturnya.

Jokowi lantas memaparkan, bahwa bandara ini menelan biaya setidaknya sebanyak Rp 427 miliar. Dari angka tersebut, sebanyak Rp 272 miliar berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Sedangkan sisanya yang sebesar Rp 155 miliar berasal dari sumbangan patungan CSR dari para pengusaha, yang merupakan hasil dari skema KPBU.

Dijelaskan, bahwa APBN digunakan untuk membangun beberapa fasilitas, mulai dari runway sepanjang 1400 m x 30 m, taxiway 200 m x 18 m, apron 100 m x 50 m, dan terminal kargo seluas 312 meter persegi.

Terakhir Jokowi berpesan agar bandara ini segera digunakan dengan baik. Dia menitip pesan ke Budi Karya untuk segera membuat jadwal penerbangan dari dan ke Singkawang.

“Kalau bandara sudah siap, airport siap, segera pak Menhub disiapkan juga pesawat yang terbang ke sini. Sebanyak-banyaknya. Asal penumpangnya penuh, pasti akan makin banyak airlines yang datang ke Singkawang,” pungkas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS