BerandaPolhukamPilpresHabib Rizieq Ajak Umat Terima Hasil Pemilu Asal Tidak Curang

Habib Rizieq Ajak Umat Terima Hasil Pemilu Asal Tidak Curang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Imam Besar Front Persaudaraan Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab menyerukan kepada semua jamaahnya untuk senantiasa menjaga ukhuwah dalam rangka melawan kedzaliman dan kecurangan dalam Pemilu 2024, khususnya Pilpres.

“Yang penting kita tetap bersatu, kedzaliman, kecurangan harus kita lawan,” kata Habib Rizieq dalam keterangannya di sebuah video kajian yang dikutip, Selasa (19/3) seperti dikutip Holopis.com.

Dalam kesempatan itu, ia menyatakan bahwa umat Islam wajib menerima dan menghormati hasil Pilpres 2024. Asalkan hasilnya memang dilakukan dengan cara yang jujur dan adil tanpa adanya kecurangan.

“Kita siap terima hasil Pilpres, kita siap ridho, kita siap hormati siapa pun yang menang, tapi harus jujur, tapi harus adil. Karena jujur adil itu ajaran agama khususnya agama islam, dan amanat konstitusi,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Berlaku jujur dan adil adalah amanat konstitusi yakni UUD 1945. Sehingga dalam pelaksanaan pemilu yang demokratis tersebut, semua komponen peserta dan penyelenggara hingga pihak berwajib dilarang melakukan kecurangan.

“Dalam UUD 1945, disebutkan bahwa negara ini wajib menggelar pemilu yang luber dan jurdil,” tegasnya.

“Jadi kalau ada perangkat negara mau coba-coba menggelar pemilu tidak adil, berarti dia sudah melanggar konstitusi,” sambung Habib Rizieq.

Atasi Kecurangan Pemilu

Dalam kesempatan kajian tersebut, pemilik nama lengkap Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab tersebut menyampaikan, bahwa ada 3 (tiga) cara untuk menyelesaikan persoalan dugaan kecurangan pemilu.

“Ada 3 jalan menyelesaikan persoalan tadi,” terangnya.

Solusi pertama adalah melalui jalur yudikatif yakni gugatan sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Melalui jalur hukum. Ada aturannya. Jalur hukum itu harus diselesaikan di Mahkamah Konstitusi. Tapi ada pamannya, ah pusing gue, ya sudah kita husnudzon (berprasangka baik) saja. Itu jalur hukum ya,” ujarnya.

Dengan melalui jalur hukum, maka semua pihak yang merasa dicurangi harus mengumpulkan bukti-bukti kuat dan tak terbantahkan untuk dibawa ke dalam sidang gugatan di MK. Begitu juga kepada pihak yang merasa tidak curang, jangan sampai menghalang-halangi upaya gugatan di Mahkamah Konstitusi.

“Yang merasa dicurangi kumpulkan bukti sebanyak-banyaknya dengan data yang akurat untuk diadukan di Mahkamah Konstitusi. Di sana pertarungan ada dua, ada pertarungan kualitatif dan ada pertarungan kuantitatif,” papar Habib Rizieq.

Oleh sebab itu, ia berharap agar MK menjalankan tugasnya dengan penuh integritas di dalam proses sidang sengketa hasil pemilu tersebut.

Langkah kedua adalah hak angket. Menurutnya, jalur upaya penyelesaian dugaan kecurangan tersebut bisa dilakukan melalui jalur politik di DPR RI.

“Kedua lewat jalur politik. Lewat DPR bukan lewat pengadilan, namanya hak angket. Hak angket itu hak DPR untuk melakukan penyelidikan, apa betul Pilpres 2024 curang, apa betul curangnya TSM. Nah itu diselidiki DPR,” jelasnya.

Namun jika kedua jalur resmi tersebut tidak bisa diselesaikan, apalagi sampai MK dan DPR tidak bisa dipercaya lagi, maka jalir terakhir adalah people power.

“Tapi kalau MK-nya tidak jujur tidak adil, DPR-nya nggak dipercaya lagi oleh rakyat, ada jalan ketiga, ekstra parlementer,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS