Penetapan Hasil Pemilu 2024 Batal Diumumkan Malam Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penetapan hasil Pemilu Serentak 2024 nampaknya belum bisa diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (18/3) malam ini.

Pasalnya, rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional pada 5 (lima) provinsi tersisa, yakni Jawa Barat, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua, diprediksi baru bisa rampung pada Selasa (19/3) besok.

“Untuk rekapitulasi, kan kita masih fokus ke sana. Jadi kalau penetapan nasionalnya belum untuk hari ini ya,” kata anggota KPU, August Mellaz dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (18/3).

Adapun pada hari ini, KPU baru menyelesaikan 2 dari 5 provinsi yang tersisa, yakni Jawa Barat dan Papua Barat Daya. Sedangkan 3 provinsi lainnya ditargetkan rampung pada Selasa besok.

“Kalau melihat dari proses yang berlangsung, saya kira tanggal 18 dan kemudian tanggal 19 (Maret) akan bisa kita tuntaskan semua untuk tenggat terkait dengan rekapitulasinya,” kata Mellaz.

Mellaz menyadari, terdapat dinamika selama proses rekapitulasi daerah berlangsung yang membuat rekapitulasi di pusat menjadi terhambat. Namun ia menegaskan, rekapitulasi tiga provinsi tersebut sudah selesai dan tinggal di bawa ke Jakarta.

“(Kendala) Teknis saja. Kalau yang di Jawa Barat kan dijadwalkan pagi ini tapi karena ada proses pencermatan yang dilakukan makanya dijadwalkan lagi malam nanti,” jelasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sidik Cyber Sambut Gembira Wacana Pembentukan Angkatan Siber TNI

CEO Solusindo Digital Holistik (Sidik Cyber), Yonathan Yeremia menyambut gembira wacana pembentukan angkatan ke-IV TNI yakni matra Siber.

Densus 88 Tangkap 2 Teroris Jaringan ISIS di Bima

Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror Mabes Polri telah melakukan penangkapan terhadap 2 (dua) orang tersangka terorisme jaringan Jamaah Ansharu Daulah di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Alexander Marwata Pamer Kegagalan KPK Tangani Korupsi

Alexander Marwata menegaskan bahwa kondisi KPK saat ini bukanlah lembaga superbody yang mampu untuk memberantas korupsi di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru