BerandaIslampadRamadanPenderita Maag Jangan Khawatir, Ini Tips Agar Puasa Tetap Nyaman

Penderita Maag Jangan Khawatir, Ini Tips Agar Puasa Tetap Nyaman

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bagi sebagian orang yang menderita maag, menjalankan ibadah puasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Gangguan pada lambung seperti maag dapat memperburuk kondisi saat berpuasa karena peningkatan asam lambung yang dapat menyebabkan nyeri, mual, atau bahkan muntah.

Namun, Sobat Holopis jangan khawatir, dengan beberapa perubahan kecil dalam pola makan dan gaya hidup, penderita maag dapat tetap menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan lancar. Ini dia tips yang bisa membantu para penderita maag menjalankan ibadah puasa.

1. Perhatikan Pola Makan Sehari-hari

Sebelum memulai puasa, pastikan untuk makan sahur yang seimbang dan mengandung nutrisi yang cukup. Hindari makanan yang pedas, berlemak, atau asam yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung.

Pilih makanan yang mudah dicerna seperti oatmeal, roti gandum, atau buah-buahan. Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi seperti kopi, teh, dan minuman bersoda, karena dapat merangsang produksi asam lambung.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Memicu Gejala

Ketahui makanan dan minuman yang memicu gejala maag pada diri dan hindari konsumsinya selama bulan puasa. Contohnya, makanan pedas, gorengan, makanan berlemak, serta minuman berkafein atau berkarbonasi sering kali dapat memperburuk kondisi maag.

3. Perhatikan Waktu Makan dan Minum

-Jeda antara waktu berbuka dan sahur harus cukup panjang untuk memberi istirahat pada lambung. Hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu, dan pecah makan menjadi beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi tekanan pada sistem pencernaan.

Pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup antara waktu berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi, tetapi hindari minum terlalu banyak sekaligus agar tidak memicu peningkatan produksi asam lambung.

4. Tetap Jaga Pola Hidup Sehat

Selain pola makan, tidur yang cukup dan olahraga ringan juga dapat membantu mengurangi gejala maag. Usahakan untuk tidur cukup setiap malam dan hindari begadang.

Hindari stres dan situasi yang membuat Sobat Holopis cemas, karena stres dapat memperburuk gejala maag. Luangkan waktu untuk beristirahat dan melakukan aktivitas yang menyenangkan selama bulan puasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan terus jaga kesehatan ya, Sobat Holopis.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Calon Pengantin Harus Baca Ini Biar Gak Kesakitan Saat Malam Pertama

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Malam pertama menjadi momen pengantin baru dalam berhubungan intim. Meski beberapa menjadi permasalahan ketika pasangan pengantin baru kurang...

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :