BerandaNewsEkobizBI Siap Buka Layanan Penukaran Uang Baru di 4.713 Titik

BI Siap Buka Layanan Penukaran Uang Baru di 4.713 Titik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menyatakan komitmennya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas penukaran uang baru selama periode Ramadan dan Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim mengatakan, bahwa pihaknya bersama dengan bank-bank nasional di Indonesia akan menyediakan sebanyak 4.713 titik penukaran uang baru.

Hal itu sebagaimana disampaikan dalam acara Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, yang berlangsung di Jakarta, pada Jumat (15/3) kemarin.

“Perbankan akan melakukan layanan penukaran sebanyak 4.264 titik yang siap melayani penukaran uang kepada masyarakat,” kata Marlison seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (16/3).

Penerbit Iklan Google Adsense

Dia mengatakan, layanan penukaran uang tersebut akan dibuka mulai tanggal 15 Maret hingga 5 April 2024.

“Kita mulai tanggal 15 Maret hari ini (red-kemarin) sampai dengan 5 April, periode layanan penukaran uang,” ujar Marlison.

Adapun mengenai jumlah uang tunai yang bisa ditukar di tahun ini mengalami peningkatan. Marlison mengatakan, masyarakat kini bisa menukar uang tunai hingga Rp4 juta per orang, padahal di tahun lalu hanya dibatasi Rp 3,8 juta per orang.

“Tahun ini kita buat paket yang lebih besar dari tahun lalu Rp 3,8 juta per orang, sekarang Rp 4 juta per orang,” katanya.

Marlison juga menyampaikan, BI menyiapkan uang layak edar hingga Rp 197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran Rupiah pada periode Ramadan dan IdulFitri 2024. “Meningkat 4,65 persen dibandingkan tahun lalu,” ujar dia.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS