KPU Tidak Ambil Pusing PDIP Tolak Sirekap

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KPU RI menanggapi pernyataan sikap dari PDIP yang menolak perolehan suara di dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Pemilu 2024.

Ketua KPU RI, Hasyim Ashari bahkan menegaskan, pihaknya akan tetap menayangkan hasil penghitungan suara secara real time meski PDIP menolak kekalahan.

“Intinya untuk foto, Formulir C Hasil Plano yang ada di TPS, itu akan kami unggah terus, sebagai bentuk transparansi” kata Hasyim dalam keterangannya pada Jumat (23/2) seperti dikutip Holopis.com.

Hasyim juga menegaskan, Sirekap memiliki keuntungan tersendiri sampai saat ini meski sempat ditemukan beberapa.kesalahan sistem input data.

“Ini tetap kita tayangkan karena apa? Masyarakat pemilih atau partai politik yang tidak punya saksi mau mengakses informasi perkembangan hasil pleno di TPS dari mana? Justru dengan Sirekap ini bisa diakses, bisa dimonitor, bisa dipantau,” tegasnya.

Selain itu, Hasyim menegaskan bahwa para pemantau Pemilu bisa menggunakan Formulir Model C1-Plano di Sirekap jadi basis penghitungan yang dilakukan secara mandiri.

Sehingga, diharapkan itu bisa menjadi bekal pemantau pemilu menghadapi proses rekapitulasi manual berjenjang di atasnya, seperti kecamatan dan provinsi.

“(Sirekap) itu sambil sama-sama bisa membandingkan atau crosscheck apakah yang ditayangkan itu sudah benar atau belum,” ujarnya.

Apabila Sirekap ditutup, Hasyim menegaskan maka hanya pihak tertentu saja yang memegang Formulir Model C1-Plano dari tingkat TPS dan bisa mengetahui situasi penghitungan suara.

“Itu lah tujuan supaya adanya Sirekap ini supaya hasil pemungutan suara atau hasil penghitungan suara itu transparan, siapa pun bisa akses,” terangnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru