Sehari Jelang Pemilu, Berikut Tips Jaga Kesehatan untuk Petugas KPPS

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan segera dilaksanakan pada Rabu (14/2) di Indonesia. Berikut ini tips untuk para petugas KPPS supaya tetap sehat dan bugar selama bertugas.

Sebagai petugas pemilu yang bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan pesta demokrasi terbesar di Indonesia, para petugas pun harus memperhatikan kesehatan pribadinya.

Setelah dilantik menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan mendapatkan tugas dari negara, sebagai abdi negara dalam Pemilihan Umum, mereka harus melaksanakan tugas secara maksimal untuk melancarkan prosesi Pemilu dengan damai.

Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai petugas Pemilu untuk tetap menjaga kesehatan dan upaya untuk tubuh tetap fit selama melaksanakan tanggungjawab nanti, berikut selengkapnya, seperti dikutip Holopis.com dari Instagram @dinkesdki.

– Melakukan peregangan setiap 2 jam (3-5 menit) selama bekerja
– Gunakan masker apabila flu/batuk
– Menerapkan etika batuk dan bersin
– Menjaga kebersihan lingkungan
– Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
– Batasi minum kopi, minuman berpemanis dan bersoda
– Segera ke Puskesmas atau hunungi tenaga Kesehatan jika sakit atau ada keluhan kesehatan

Perlu diketahui, Pesta demokrasi hanya tinggal menghitung hari, tepat pada tanggal (14/2) nanti akan diadakan pemilihan serentak Calon Presiden, Calon Legislatif, yaitu DPD, DPR dan anggota DPRD tingkat provinsi serta kabupaten/kota.

Dalam pesta demokrasi 2019 lalu, tercatat data Kementerian Kesehatan melalui dinas kesehatan tiap provinsi, mencatat bahwa petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sakit sudah mencapai 11.239 orang dan korban meninggal 527 jiwa.

Maka dari itu, para petugas yang menjaga TPS perlu memerhatikan kesehatannya.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
Editor : ACH
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER