NewsEkobizSektor Manufaktur RI Diklaim Selamat dari Krisis Ekonomi 2023

Sektor Manufaktur RI Diklaim Selamat dari Krisis Ekonomi 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai industri pengolahan atau manufaktur mencatatkan kinerja positif hingga mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan produk domestik bruto (PDB).

Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kinerja positif itu terjadi seiring dengan bayang-bayang negatif perekonomian dunia yang mengalami pelemahan di sepanjang 2023.

“Di tengah kondisi perekonomian dunia yang melemah, industri pengolahan tetap tumbuh dan berhasil lepas dari krisis yang terjadi pada 2023. Tentunya ini merupakan kerja keras dan resiliensi sektor industri manufaktur Indonesia,” kata Agus dalam siaran persnya yang dikutip Holopis.com, Minggu (11/2).

Hal ini disebutnya tercermin dalam Prompt Manufacturing Index (PMI) Bank Indonesia pada triwulan IV/2023 yang mencapai 51,20% atau masih berada di zona ekspansi.

Selain itu, kapasitas produksi terpakai pada periode yang sama mencapai 73,91 persen, meningkat dibandingkan Triwulan IV/2022 yang sebesar 71,49 persen.

“Ini menandakan industri pengolahan masih menunjukkan peningkatan aktivitas produksi,” ujarnya.

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan IV/2023 industri pengolahan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi bagi perekonomian, yakni sebesar 0,85 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy).

Bahkan, industri pengolahan juga menjadi sumber pertumbuhan tertinggi pada tahun 2023, yakni sebesar 0,95 persen. Menurutnya, industri pengolahan masih tumbuh stabil, di angka 4,64 persen karena didukung oleh permintaan domestik dan global.

Beberapa subsektor industri yang tumbuh seperti industri logam dasar, industri barang logam, komputer, barang elektronik, optik, dan peralatan listrik, industri alat angkutan, industri pengolahan tembakau, serta industri kertas dan barang dari kertas, percetakan, dan reproduksi media rekaman.

“Kemudian, dari sisi peningkatan penggunaan produksi dalam negeri (P3DN), belanja modal pemerintah APBN dan APBD menunjukkan pertumbuhan positif dan menguat dibanding periode sebelumnya, sebesar 26,31 persen (c-to-c),” ujar Agus.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Pastikan Sepeda Motor Tak Kena Pembatasan BBM Pertalite

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengguna motor masih bisa membeli Pertalite setelah pembatasan pembelian BBM subsidi resmi berlaku.

Akhir Pekan, Harga Bahan Pangan Ramai-ramai Naik

Sejumlah harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional terpantau menunjukkan adanya kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Transaksi Bursa Karbon per Agustus 2024 Capai Rp 37,05 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan perkembangan terbaru mengenai bursa karbon, sejak resmi diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

Cadangan Devisa Indonesia Pecahkan Rekor Tertinggi

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2024 meningkat menjadi USD 150,2 miliar, dari yang sebelumnya per Juli 2024 sebesar USD 145,4 miliar.