BerandaNewsEkobizIngat! Penyaluran Bansos Beras Bakal Dilanjut Lagi Usai Pemilu

Ingat! Penyaluran Bansos Beras Bakal Dilanjut Lagi Usai Pemilu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah telah resmi menghentikan penyaluran bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras menjelang Pemilu 2024. Namun penyaluran bansos dari cadangan beras pemerintah (CBP) itu akan dilanjut sehari setelah Hari Pencobolosan rampung, yakni pada Kamis 15 Februari 2024. .

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menjelaskan, bahwa penghentian sementara penyaluran bansos tersebut dilakukan atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna menghormati pesta demokrasi yang sedang berlangsung di Tanah Air.

“Sesuai arahan Bapak Presiden memang disampaikan kita harus hargai proses pemilu sehingga diputuskan untuk menghentikan sementara penyaluran bantuan pangan beras ini,” ujar Arief dalam keterangan resminya, Jumat (9/2) sebagaimana dikutip Holopis.com.

Adapun bantuan pangan beras merupakan salah satu upaya intervensi pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat, khususnya yang berpendapatan rendah. Upaya ini berkorelasi dalam menjaga stabilitas inflasi.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain menyalurkan bansos beras, pemerintah juga melakukan upaya lainnya, salah satunya yakni menggencarkan Gerakan Pangan Murah (GPM) atau yang biasa dikenal sebagai operasi pasar.

“Tapi khusus program lain selain bantuan pangan pemerintah tetap berjalan untuk kebutuhan masyarakat luas,” kata Arief.

Adapun operasi pasar murah terus diadakan pemerintah. Setidaknya sejak awal tahun hingga 31 Januari 2024, operasi pasar ini telah digelar sebanyak 429 kali yang dilakukan di 31 provinsi dan 85 kabupaten/kota.

Kemudian khusus untuk bulan Februari 2024, operasi pasar melalui GPM ini dijadwalkan akan digelar sebanyak 200 kali. Setidaknnya sebanyak 200 ribu ton beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) akan dibagikan setiap bulannya ke semua lini pasar.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS