Unair Ajak Masyarakat Jangan Golput dan Jaga Persatuan

Salah seorang akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Imam Mustofa menyampaikan, bahwa ada hal-hal penting harus diperhatikan oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang sudah memiliki hak pilih dalam Pilpres dan Pileg di Pemilu 2024.

Pertama, mereka mengajak semua masyarakat untuk ikut aktif menyalurkan hak suaranya dalam pemungutan suara di Pemilu 2024 mendatang. Caranya adalah datang ke TPS dengan mencoblos capres-cawapres dan caleg sesuai dengan referensi dan preferensi masing-masing tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.

“Mendorong terselenggaranya pemilu yang partisipatif, menyerukan jangan golput, dan jaga kondusifitas bebas dari provokasi dan tekanan,” kata Prof Imam dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (6/2).

Kedua, pihaknya juga mengajak semua institusi negara untuk bisa saling menjaga netralitasnya. Begitu juga dengan harapannya agar akademisi bisa tetap berpikir obyektif di dalam menentukan arah pilihan politiknya masing-masing.

“Kami menjunjung tinggi netralitas dan integritas institusi sembari menghormati kebebasan akademik dalam berpikir beropini dan menentukan pilihan. Dan kami akademisi, tenaga dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa atau alumni siap mewujudkan demokrasi yang berkualitas, bermartabat tanpa provokasi, tanpa tekanan, tanpa kecurangan, tanpa politik uang,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Dosen dan Staff Fakultas Kedokteran Hewan di UNAIR tersebut menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh akademisi adalah bagian dari upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah hiruk pikuk pemilu 2024.

“Tentu saja semua ini dalam rangka kita semua ingin tetap menjaga keutuhan persatuan NKRI. Jangan sampai kontestasi ini memecah belah kita. Harus satu kesatuan sebagai warga bangsa negara NKRI,” pungkasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sidik Cyber Sambut Gembira Wacana Pembentukan Angkatan Siber TNI

CEO Solusindo Digital Holistik (Sidik Cyber), Yonathan Yeremia menyambut gembira wacana pembentukan angkatan ke-IV TNI yakni matra Siber.

Densus 88 Tangkap 2 Teroris Jaringan ISIS di Bima

Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror Mabes Polri telah melakukan penangkapan terhadap 2 (dua) orang tersangka terorisme jaringan Jamaah Ansharu Daulah di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Alexander Marwata Pamer Kegagalan KPK Tangani Korupsi

Alexander Marwata menegaskan bahwa kondisi KPK saat ini bukanlah lembaga superbody yang mampu untuk memberantas korupsi di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru