Kasih Dia Tau : Tips Masak Daging Sapi Agar Lembut dan Anti Alot

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa sih yang tidak suka daging sapi? Daging sapi dapat diolah menjadi makanan-makanan dengan bumbu rempah Indonesia yang khas. Mulai dari rendang, semur, hingga gulai sangat cocok menjadi bumbu dasar mengolah daging sapi.

Namun, dibutuhkan tips dan trik khusus agar daging sapi tidak alot dan lembut, sehingga nikmat disantap tanpa perlu usaha keras untuk mengunyahnya.

Agar daging yang Sobat Holopis masak menjadi empuk dan tidak alot, berikut beberapa tips yang dapat Sobat Holopis terapkan.

1. Pilih Jenis Daging yang Sesuai
Pilih potongan daging yang sesuai untuk metode memasak tertentu. Potongan daging yang cocok untuk cepat dimasak (seperti panggang cepat) tidak selalu cocok untuk metode memasak lambat (seperti rebus atau slow cooker).

2. Marinasi Sebelum Memasak
Marinasi dengan bumbu-bumbu yang tepat dapat membantu melonggarkan serat daging dan menambah rasa. Gunakan bumbu seperti kecap, cuka, yogurt, atau papain (ditemukan dalam pepaya) dalam marinasi untuk hasil terbaik.

3. Pukul-Pukul Daging
Pukul-pukul daging dengan palu daging atau ujung botol berisi air untuk meratakan ketebalan dan memecah serat-serat kasar. Ini membantu daging untuk lebih cepat menyerap bumbu dan memasak dengan lebih merata.

4. Pilih Metode Memasak yang Tepat
Setiap jenis daging dapat memiliki metode memasak yang paling sesuai. Misalnya, slow cooker atau rebusan untuk potongan daging yang keras, sementara panggang atau tumis bisa cocok untuk potongan daging yang lebih lembut.

5. Gunakan Suhu Ruangan
Pastikan daging berada pada suhu ruangan sebelum dimasak. Mengeluarkan daging dari lemari es dan membiarkannya mencapai suhu ruangan sebelum dimasak dapat membantu memasaknya lebih merata.

6. Jangan Overcook
Daging yang dimasak terlalu lama dapat menjadi keras dan kering. Pastikan untuk memantau waktu memasak dan gunakan termometer daging untuk memastikan kecukupan memasak sesuai dengan jenis daging yang Sobat Holopis masak.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja via Email

Mengirim lamaran kerja adalah langkah krusial dalam mencari pekerjaan. Selain isi dari pesan yang disampaikan, waktu pengiriman juga memiliki peran penting.

Tiduran Sesudah Makan Bikin Gemuk, Benar Nggak Sih?

Sobat Holopis pasti pernah mendengar mitos tidur sehabis makan bisa bikin gendut. Kebiasaan ini memang sering kali dipersepsikan memiliki efek negatif terhadap berat badan, terutama karena kepercayaan bahwa posisi ini dapat menyebabkan penumpukan lemak yang lebih cepat.

Mengenal Kecubung, Si Mungil Beracun yang Ternyata Kaya Manfaat

Di balik keindahan bunganya yang berwarna ungu memikat, tersembunyi sisi lain dari kecubung, atau yang dalam dunia ilmiah dikenal Datura metel), yang belakangan ini diketahui sering disalahgunakan.

Bukan Cuma soal Hasrat, Begini Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan Mental

Tahukah kamu bahwa di balik stigma negatif tentang masturbasi, ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan mental?

Ikuti Sebelum Nyesal, 4 Gerakan Stretching Untuk yang Sering Duduk

Bagi yang belum sempat berolah raga dan tidak memiliki waktu, Sobat Holopis bisa coba gerakan-gerakan stretching ini.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.