Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Ini Beberapa Fakta Jalur Pendakian Gunung Sumbing

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pendakian Gunung memang menjadi spot atau destinasi wisata yang sedang marak dilakukan masyarakat Indonesia, dari kaula muda hingga tua. Dari bermacam gunung yang berada di Jawa, berikut pemandangan dan sedikit kisah menuju puncak Gunung Sumbing yang berada tepat di tiga wilayah Kabupaten, yaitu ; Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Gunung Sumbing merupakan Gunung tertinggi ke-2 setelah Gunung Slamet. Gunung tersebut memiliki karakteristik medan pendakian yang relatif ekstrim, apalagi di saat menuju puncaknya.

Ketika Sobat Holopis menuju ke arah puncak dari Gunung Sumbing, maka kita dapat merasakan feel melangkah di jalanan yang begitu terjal, serta sesekali kita harus memanjat bebatuan yang cukup tinggi.

Namun untuk di beberapa jalur nanti, kita akan menemukan batu yang bergambar kepala singa yang bernama Watu (Batu) Singa yang sangat indah untuk dipandangi, dan merupakan suatu hal yang ikonik di sana.

Perlu diketahui, gunung tersebut memiliki berbagai jalur pendakian yang resmi yang dapat disambangi, yaitu jalur Garung, lokasinya di Garung, Butuh, Kalikajar, Wonosobo Jawa Tengah, Jalur Bowongso yang letaknya di Desa Bowongso, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo.

Kemudian ada jalur Gajah Mungkur, yang terletak di Desa Lamuk, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Selanjutnya via Batusari yang berada di Dusun Batursari Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Lebih lanjut, ada juga track melalui jalur Cepit Parakan yang berada di desa Cepit, Parakan, Kabupaten Temanggung. Dan yang terakhir ada yang melalui jalur Mangli yang letaknya berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung.

Walaupun Gunung Sumbing bisa dikatakan memiliki jalur pendakian yang cukup eksrim, pemandangan yang dapat dinikmati di sana ternyata tak bisa dianggap sepele, mulai dari kita dapat melihat betapa megahnya Gunung Sindoro di sebelahnya, sampai lautan awan yang menghiasi langit, serta jajaran gunung-gunung lain yang terlihat dari kejauhan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru