Merasa tidak menjawab apa yang dipertanyakan, Gibran pun langsung melakukan gimmick yakni dengan celingak-celinguk ke arah bawah untuk menyindir Mahfud MD.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya, kok nggak ketemu jawabannya,” ucap Gibran yang disambut sorakan dari timses 03.

Menurut Gibran, inflasi hijau dengan ekonomi hijau adalah sesuatu yang berbeda. Sehingga jawaban Mahfud tersebut menurutnya tidak relevan sama sekali dengan pertanyaan yang ia ajukan dalam sesi tanya jawab itu.

“Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau,” tukasnya.

Lantas, bos Markobar ini pun memberikan pemahaman tentang greenflation yang dimaksud. Yakni dengan memberikan contoh soal insiden rompi kuning yang terjadi di Prancis. Di mana saat itu Presiden Emmanuel Macron membuat kebijakan untuk penggunaan uang pajak untuk membuayai pengembangan energi bersih.

“Intinya, transisi menuju energi hijau harus super hati-hati, jangan sampai malah membebankan RnD yang mahal, proses transisi yang mahal ini kepada rakyat kecil. Itu maksud saya inflasi hijau, Prof Mahfud,” papar Gibran.

Sayangnya, Mahfud justru menganggap bahwa apa yang ditanyakan Gibran tidak berbobot bahkan untuk ukuran pertanyaan akademisi. Sehingga ia tak mau menjawab dan melemparkannya ke moderator saja.

“Saya ingin mencari jawabannya ngawur juga tuh. Ngarang-ngarang ndak karuan, dikait-kaitkan sesuatu yang tidak ada. Gini lho, kalau akademis itu gampangnya kalau bertanya yang kayak gitu-gitu itu recehan. Oleh sebab itu itu tidak layak dijawab menurut saya, dan oleh sebab itu saya kembalikan saja ke moderator, ini ndak layak dijawab pertanyaan kayak gini,” respons Mahfud.