HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasangan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Dalam kunjungannya tersebut, Prabowo menegaskan bahwa pihaknya hanya berusapa untuk sopan dengan ‘sowan’ demi meminta izin memasuki wilayah Yogyakarta.

“Teman-teman sekalian, sebelumnya kami berterimakasih diterima oleh ‘Ngarsa Dalem’ dalam keadaan baik. Kami minta waktu untuk sowan dan melaporkan minta izin masuk ke daerah ini,” kata Prabowo dalam pernyatannya yang dikutip Holopis.com, Senin (22/1).

Menurut Prabowo, hal ini sesuai dengan adat istiadat di Indonesia. “Kan mau masuk ke rumah minta izin dulu ke orang yang lebih tua,” kata Prabowo tersenyum ke Sri Sultan dibalas senyum kembali.

Dalam kunjungan ini, Prabowo menyebut ia bersama Gibran banyak mendapatkan wejangan dan masukan dari Sri Sultan soal masa depan dan teknologi.

“Tadi kami mendengarkan pandangan-pandangan beliau terutama masalah, teknologi dan sebagainya. Beliau kasih wejangan-wejangan dan juga masukan. Saya kira seperti itu intinya,” bebernya.

Menteri Pertahanan RI itu kemudian berterimakasih karena diterima dengan baik oleh Sri Sultan. “Sebelumnya kami berterimakasih diterima oleh ‘Ngarsa Dalem’ dalam keadaan baik,” ucapnya.

Sementara iu, Sri Sultan pun menegaskan bahwa pertemuannya dengan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berlangsung santai dan saling bertukar pikiran.

“Pertemuan kita bersama Pak Prabowo dan Pak Gibran itu berlangsung santai, kita silaturahim, ya ngobrol-ngobrol,” ungkap Sri Sultan.

Sri Sultan menegaskan tak ada sedikitpun pembicaraan mengenai politik terutama jelang pemilu 2024.

“Ga ada pembicaraan politik, ga ada obrolan macam-macam, kita bicara secara umum dalam arti kita bertukar pikiran saja,” tegas Sri Sultan.