HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam sesi tanya jawab Debat Cawapres Kedua pada sesi tanya jawab, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan soal LFP (Lithium Ferrophosphate) yang kerap digaungkan timses dari Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Kemudian, Cak Imin menjawab bahwa seluruh sumber daya alam masalahnya ada pada etika lingkungan.

“Tenang pak Gibran semua ada etikanya, termasuk kita diskusi bukan tebak-tebakan singkatan, kita levelnya policy dan kebijakan, prinsipnya kembali ke etika, sekali lagi etika, etika lingkungan apa pun kebijakan kita produksi, tambang sumber daya alam, apapun yg kita gunakan seluruh potensi bangsa ujungnya etika lingkungan,” jawab Cak Imin.

“Rujukannya etika lingkungan, intinya keseimbangan antara meletakkan manusia dengan alam. keseimbangan ini tidak bisa ditawar-tawar, agar pembangunan kita berkelanjutan melibatkan semua pihak yang ada tidak ada yg tertinggal,” tambahnya.

Lanjutnya, Cak Imin lantas menyinggung soal produksi SDA, ia menilai masih semerawut.

“Sehingga produksi yg kita munculkan pun, tambang litium, itu tidak sembrono, dan tidak sewenang-wenang, dan lebih parah lagi tidak mempertimbangkan lingkungan dan keberlanjutan masa depan,” ujarnya lagi.

“Sekali lagi intinya bukan hanya etika lingkungan, melainkan etika forum policy yg berharga, jangan-jangan kalau tebak-tebakan definisi di sini, saya ragu ini levelnya SD, SMP, atau jangan-jangan kita di sini ijazahnya palsu semua di sini. kalau tebak-tebakan bukan di sini tempatnya,” tegas Cak Imin.