HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka kembali menekankan bahwa program hilirisasi harus terus dilanjutkan untuk menjaga kedaulatan negara.

Hal tersebut disampaikan Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan visi dan misi debat calon wakil presiden di Jakarta pada Minggu (21/1).

“Indonesia ini negara besar kita harus bersyukur, Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya, diantaranya kita punya cadangan nikel terbesar di dunia, timah terbesar nomor Oleh karena itu, program hilirisasi harus dilanjutkan, dan diperluas cakupannya,” kata Gibran dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Program hilirisasi pun harus merambah berbagai sektor dan hanya tidak di bagian tambang semata seperti yang sudah dilakukan pada saat ini.

“Tidak hanya hilirisasi tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, sektor maritim dan juga hilirisasi digital. Intinya, kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah,” tegasnya.

Oleh karena itu, Wali Kota Solo itu pun menekankan kerja sama Penta Helix wajib untuk didorong.

Pasalnya, jika agenda hilirisasi pemerataan pembangunan transisi menuju energi hijau ekonomi kreatif, UMKM bisa dikawal maka akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan.

“5 juta di antaranya adalah Green Jobs Green Jobs ini adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Green Jobs ini adalah trend peluang kerja masa kini dan masa depan untuk mendorong kesejahteraan petani akan kita dorong terus ketersediaan pupuk dan bibit yang mudah dan murah,” ucapnya.

“Untuk menjaga stabilitas harga pangan akan kita optimalkan peran dari ppid Id Food, Bulog dan badan pangan. Untuk meningkatkan produktivitas para petani akan kita dorong terus mekanisasi,” sambungnya.