HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka ingin mengunggulkan Green Jobs yang fokus pada bidang kelestarian lingkungan untuk memberikan 19 juta lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Hal ini menurut Gibran bisa diwujudkan dengan hilirisasi.

“Jika agenda hilirasasi, pemerataan pembangunan transisi menuju energi hijau ekonomi kreatif, UMKM bisa kita kawal, Insyaallah akan terbuka 19juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan,” ucap Gibran Rakabuming Raka saaat debat Cawapres di JCC Senayan, dikutip Holopis.com, Minggu (21/1).

Ia pun menjelaskan bahwa di antara 19 juta lapangan pekerjaan itu, 5 juta diantaranya adalah green jobs, yang kemudian ia jelaskan sebagai trend peluang di masa ini.

Green Jobs ini adalah trend peluang kerja masa kini dan masa depan untuk mendorong kesejahteraan petani akan kita dorong terus ketersediaan pupuk dan bibit yang mudah dan murah,” kata Gibran.

Peran dari Bulog dan Badan Pangan juga akan dikerahkan untuk meningkatkan produktivitas para petani.

“Generasi muda akan kita dorong melalui smart farming. Agenda reforma agraria akan kita lanjutkan juga terkait kepemilikan tanah dan juga pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan,” pungkas Gibran.

Sebagai informasi, debat antara ketiga Cawapres dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) di Senayan, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Debat ini pun diselenggarakan agar masyarakat bisa menetapkan pilihan mereka dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.