BerandaPolhukamPilegSurvei LSI : Gerindra Menang Tipis dari PDIP

Survei LSI : Gerindra Menang Tipis dari PDIP

Gerindra paling banyak dipilih 20,8%, kemudian PDIP 20,4%.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan merilis survei yang dilakukan pihaknya. Salah satu entitas yang diukur adalah soal elektabilitas partai politik.

“Jika pemilihan anggota DPR diadakan sekarang ini, partai atau calon dari partai mana yang akan ibu/bapak pilih dari daftar partai berikut ini ?. Gerindra paling banyak dipilih 20,8%, kemudian PDIP 20,4%,” kata Djayadi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (20/1).

Peringkat ketiga diisi oleh Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin itu mendapatkan 11,5%. Kemudian disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapat 9,0%. Lantas di bawahnya ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 6,1%.

Lanjut di posisi ke enam ada Partai NasDem dengan persentase 5,6% dan disusul oleh Partai Demokrat dengan 4,8%. Kemudian Partai Amanat Nasional (PAN) di 4,7% hingga Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 2,3%.

Penerbit Iklan Google Adsense

Di bawahnya ada partai-partai non parlemen, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang tampak merangkak naik di skor 2,2%. Disusul oleh Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di 1,2%.

Untuk partai nol koma dimulai dari Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) di 0,4%. Lalu ada Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di 0,3%. Sementara itu Partai Buruh, Partai Ummat, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) kompak di 0,2%.

Terakhir ada Partai Garuda yang hanya berada di 0,1%. Lantas, tingkat elektabilitas ini menyisakan undecided voters sebantak 10,0%.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa survei ini menggunakan metode Double Sampling melalui sambungan telepon kepada 1.206 responden yang memenuhi kriteria sebagai pemilih, yakni berusia minimal 17 tahun dan atau sudah menikah.

Responden yang dihubungi dipilih secara acak dalam rentang waktu 10 – 11 Januari 2024. Hasilnya, margin of error (MoE) sebesar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

PPP Tak Lolos Parlemen, Mardiono Janji Tanggung Jawab Penuh

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono menegaskan akan bertanggung jawab atas ditolaknya gugatan yang diajukan PPP terkait sengketa Pemilu 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Mardiono Kecewa PPP Tak Lolos Parlemen

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan PHPU Pileg yang diajukan oleh pihaknya.

Demokrat Sarankan Arsul Sani Pikir Ulang Ikut Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

Benny Kabur Harman menyarankan agar Arsul Sani berpikir ulang untuk ikut terlibat di dalam persidangan sengketa hasil Pileg 2024.

Demokrat Terima Hasil Pileg Walau Kehilangan 10 Kursi

Benny Kabur Harman menyampaikan bahwa pihaknya sudah sangat legowo dan menerima hasil pemilu, termasuk Pileg 2024 yang ternyata membuat mereka kehilangan 10 kursi di Senayan.

Ade Armando Legowo PSI Gagal Duduk di Senayan

Ade Armando menyampaikan bahwa pihaknya sudah sangat legowo dengan hasil perolehan suara partainya untuk DPR RI.

Arteria Dahlan Minta Pihak yang Kalah Pemilu Sadar Diri

Arteria Dahlan mengungkapkan salah satu kiat yang dilakukan dirinya dalam menerima kondisi bahwa dirinya gagal untuk kembali menjabat di DPR RI.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS