BerandaNewsEkobizSoal Wacana Pajak Motor BBM Naik, Jubir Luhut Bilang Begini

Soal Wacana Pajak Motor BBM Naik, Jubir Luhut Bilang Begini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi angkat bicara terkait pernyataan Menko Marves yang mewacanakan kenaikan pajak sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM).

Jodi menuturkan, bahwa wacana kenaikan pajak sepeda motor itu baru sebatas usulan yang mucul dalam rangkaian rapat koordinasi perbaikan kualitas udara di Jabodetabek yang berlangsung beberapa waktu lalu. Sehingga menurutnya, wacana tersebut belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Pak Menko kemarin bukan berbicara soal menaikkan pajak sepeda motor dalam waktu dekat. Itu adalah wacana dalam rangkaian upaya perbaikan kualitas udara di Jabodetabek yang juga sudah sempat dibahas dalam Rakor lintas K/L beberapa hari lalu,” ujar Jodi dalam keterangan resmi yang dikutip Holopis.com, Jumat (19/1).

Jodi mengatakan, usulan pajak kendaraan bermotor itu sendiri muncul sebagai upaya memberikan faktor pendorong untuk mempersulit penggunaan kendaraan pribadi dan membuat masyarakat terdorong menggunakan transportasi massal.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam rapat itu juga turut dibahas mengenai rencana pemerintah memberikan insentif kepada pengguna transportasi massal, seperti diskon tarif.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan informasi perihal wacana pemerintah menaikkan pajak kendaraan berbahan bakar minyak (BBM). Hal itu disampaikan Luhut dalam acara peresmian perudahaan BYD pada Kamis (18/1) kemarin.

“Kami juga tadi rapat, berpikir sedang menyiapkan menaikkan pajak untuk kendaraan sepeda motor non listrik,” kata Luhut.

Luhut menuturkan, rencana kenaikan pajak ini dilakukan pemerintah untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik, sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menekan polusi udara.

Selain itu, kenaikan pajak kendaraan berbahan fosil itu juga dinilai bisa menunjang anggaran subsidi transportasi massal seperti LRT maupun kereta api cepat.

“Sehingga (kenaikan pajak) itu bisa mensubsidi ongkos-ongkos LRT maupun kereta api cepat,” kata Luhut.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS