Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizGawat! Pajak SPA Naik Gila-gilaan

Gawat! Pajak SPA Naik Gila-gilaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kebijakan terkait perpajakan di Indonesia menuai sorotan publik. Salah satunya terkait besaran Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) untuk jasa hiburan, seperti diskotek, karaoke, kelab malam, bar dan spa.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD), besaran pajak hiburan ditetapkan antara 40 sampai 75%.

“Khusus tarif PBJT atas jasa hiburan pada diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi uap/spa ditetapkan paling rendah 4O% dan paling tinggi 75%,” bunyi Pasal 58 ayat (2) UU tersebut, sebagaimana dikutip Holopis.com, Selasa (9/1).

Dengan demikian, tarif pajak hiburan mengalami kenaikan sebesar 10%. Pemerintah pun telah memberikan tenggat waktu selama dua tahun kepada wajib pajak atau pemilik bisnis hiburan untuk menyesuaikan diri.

Adapun UU HKPD ini diketahui disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 5 Januari 2022 lalu. Disebutkan, bahwa UU HKPD beserta aturan turunannya akan berlaku paling lambat pada Januari 2024, atau dua tahun setelah UU tersebut disahkan.

“Peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang ini ditetapkan paling lama 2 tahun sejak Undang-Undang ini mulai berlaku,” bunyi Pasal 192 UU HKPD.

Pajak hiburan merupakan objek Pajak Barang dan/atau Jasa Tertentu (PBJT). Artinya, pajak atas penjualan, penyerahan, dan/atau konsumsi barang dan jasa tertentu.

Adapun pajak hiburan ini merupakan pajak yang dipungut oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.