BerandaPolhukamPilpresSurvei LSN : Mimpi PDIP Cetak Hattrick Harus Terkubur Gegara Gerindra

Survei LSN : Mimpi PDIP Cetak Hattrick Harus Terkubur Gegara Gerindra

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terkait Pemilu 2024, salah satunya terkait elektabilitas partai politik (parpol) peserta pemilu.

Berdasarkan hasil survei, tingkat elektabilitas PDIP terus merosot menjadi hanya 18,5%. Sehingga posisinya yang semula berada di puncak, digeser oleh Partai Gerindra yang memperoleh elektabilitas sebesar 20,3 %.

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry pun menuturkan, bahwa mimpi jajaran partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut untuk mencetak hattrick atau kemenangan tiga kali beruntun dalam Pemilu nampaknya harus terkubur dalam-dalam.

“Partai Gerindra mengubur mimpi seluruh pendukung partai berlogo kepala banteng tersebut,” kata Gema dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (4/1).

Penerbit Iklan Google Adsense

Adapun dari hasil survei LSN yang dilakukan pada periode 28 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, Partai Gerindra menempati posisi pertama partai dengan elektabilitas teratas. Kemudian isusul PDIP di posisi kedua renhan elektabiltas 18,5%.

Partai Golkar, yang merupakan koalisi pengusung pasangan capres dan cawapres masih bertengger di posisi ketiga, dengan elektabiltas di angka 10,2, Disusul Partai Demokrat dengan 8,7%, PKS 7,9% dan Partai NasDem 7,5%.

Kemudian di kelompok bawah, ada PAN dengan elektabilitas 4,1% dan PPP 3,2%. Disusul oleh partai non parlemen PSI dan Partai Perindo dengan elektabilitas masing-masing di angka 3,1%.

Gema menuturkan, bahwa PSI dan Perindro berpeluang tembus ke Senayan, meskipun elektabilitas kedua partai itu belum menyentuh parliamentary threshold 4%,

“Namun jika mereka mau sisa waktu jelang Pemilu 2024 masih memungkinkan untuk mendongkrak elektabilitas mereka,” ujarnya.

Khusus mengenai Partai Perindo, sayangnya sejak bergabung dalam koalisi pengusung Ganjar-Mahfud yang dimotori PDIP, semangat tempur jajaran partai besutan Hary Tanoesodibjo itu malah melempem, sehingga elektabilitasnya terus menyusut.

“Jika tak kreatif mencari jalan keluar, Partai Perindo berpotensi gagal mewujudkan impiannya menembus Senayan,” tukasnya.

Diketahui survei LSN yang dirilis hari ini diketahui dilaksanakan di 38 provinsi di Indonsiaz, dengan jumlah sampel sebanyak 1.420 responden dengan menggunakan teknik multistage random sampling.

Adapun margin of error yang ditetapkan dalam survei LSN kali ini sebesar +/- 2,6%, dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS