BerandaNewsEkobizPerusahaan Tambang Nunggak Setoran ke Negara, Siap-siap Kena Sanksi

Perusahaan Tambang Nunggak Setoran ke Negara, Siap-siap Kena Sanksi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membenarkan, banyak perusahaan tambang yang menunggak setoran kepada negara, berupa penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Pihaknya mencatat, setidaknya terdapat 117 perusahaan tambang yang belum membayarkan setorannya. Arifin pun meminta perusahaan-perusahaan tambang tersebut untuk segera memenuhi kewajibannya.

“PNPB, iya kan aturannya harus gitu, kita minta segera dilunasi, sehingga semua persyaratan terpenuhi,” kata Arifin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (5/1).

Arifin pun menegaskan, bahwa pihaknya akan memberikan sanksi kepada perusahaan-perusahaan tersebut. Salah satu sanksinya adalah mereka akan mengalami kesulitan dalam mengakses Sistem Informasi Mineral dan Batubara antara Kementerian dan Lembaga (Simbara).

Penerbit Iklan Google Adsense

“Ya sanksinya macet Simbara-nya,” kata Arifin

Adapun untuk Simbara sendiri merupakan aplikasi yang diluncurkan pemerintah dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengawasan tata niaga mineral dan batu bara (minerba).

Aplikasi ini merupakan rangkaian proses tata kelola minerba dari hulu ke hilir, termasuk juga pemenuhan kewajiban pembayaran dan proses clearance di pelabuhan. Simbara ini juga diluncurkan untuk mendukung sinergi antara proses bisnis dan aliran dana minerba antar kementerian/lembaga.

Dengan pengembangan Simbara ini, proses pengapalan dan pengawasan kepatuhan terhadap Domestic Market Obligation (DMO) diklaim dapat dilakukan secara maksimal.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS