BerandaNewsPolhukamGarap Kasus Harun Masiku, KPK Panggil Wahyu Setiawan Besok

Garap Kasus Harun Masiku, KPK Panggil Wahyu Setiawan Besok

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan agenda pemeriksaan terhadap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, pada hari Kamis (28/12) besok. Wahyu Setiawan akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana suap penetapan anggota DPR periode 2019 sampai 2024 yang menjerat tersangka Harun Masiku (HM).

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, Wahyu Setiawan akan diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Menurut Ali, surat panggilan itu sudah dikirim kepada Wahyu Setiawan sejak 22 Desember 2023.

“Sebagai tindaklanjut penyelesaian penyidikan perkara kaitan dugaan suap penetapan anggota DPR RI periode 2019 sampai dengan 2024 dengan tersangka HM,” ucap Ali, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (27/12).

KPK sebelumnya telah menetapkan Harun Masiku sebagai tersangka kasus dugaan suap penetapan anggota DPR periode 2019 sampai 2024. Namun hingga saat ini mantan caleg PDI Perjuangan itu masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam perkaranya, Harun diduga menyuap Wahyu Setiawan saat masih menjabat komisioner KPU agar dapat ditetapkan sebagai anggota DPR melalui PAW.

Kasus ini sendiri berawal saat tim KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) pada 8 Januari 2020. Dari OTT itu, KPK mengamankan sejumlah pihak.

Namun, saat itu Harun lolos dari penangkapan. Tim penyidik KPK terakhir kali mendeteksi keberadaan Harun di sekitar Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan.

Pasca OTT itu, KPK kemudian menetapkan empat orang sebagai tersangka. Yakni, Wahyu Setiawan, mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, kader PDIP Saeful Bahri, dan Harun Masiku.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

JMSI Desak Kapolri Tuntaskan Kasus Pembakaran Rico Sempurna Usai Liput Judi di Karo

Dalam kasus itu, Teguh meminta kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan atensi untuk mengusut dan mengungkap kasus terbakarnya rumah Rico demi keadilan dan juga wujud integritas Polri sebagai pengayom komunitas pers di Tanah Air.

Mabes Polri Turun Gunung Tangani Kasus Afif Maulana

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, menegaskan bahwa penanganan kasus kematian siswa SMP Afif Maulana di Kuranji, Padang, Sumatera Barat, dilakukan dengan profesional dan transparan.

Alex Pesimis KPK Bisa Berantas Korupsi

Komisioner KPK, Alexander Marwata menyatakan bahwa pihaknya tidak yakin akan mampu melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia.

Jokowi Ingatkan Polri Junjung Tinggi Nilai Tribrata

Dalam momentum itu, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa masyarakat sangat mengawasi kinerja Kepolisian. Sebab, mereka yang lebih dekat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kapolri Harap HUT 78 Jadi Semangat Insan Bhayangkara Makin Tegas, Humanis dan Merakyat

Semoga perayaan HUT Bhayangkara ke-78 semakin merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa demi meraih Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama.

Noel Bela Budi Arie soal Peretasan PDSN

Ketua Prabowo Mania 08 tersebut mengatakan, bahwa jika dilihat secara dekat, sebenarnya ada sedikitnya dua pihak lain yang bertanggung jawab terhadap terjadinya peretasan tersebut.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS