BerandaPolhukamPilpresSurvei ISC : Rakyat Yakin Pilpres 2024 Satu Putaran, Prabowo-Gibran Lolos Jadi...

Survei ISC : Rakyat Yakin Pilpres 2024 Satu Putaran, Prabowo-Gibran Lolos Jadi Pemenang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga survei dari Indonesia Survey Center (ISC) merilis data terbaru mereka mengenai elektabilitas para pasangan capres yang bertarung di Pemilu 2024 mendatang.

Peneliti Senior ISC, Chairul Pane mengatakan, dalam survei tersebut, ISC juga menanyakan tingkat keyakinan para responden untuk melihat apakah mereka yakin bahwa Pemilu 2024 akan berlangsung 1 (satu) putaran. Jawaban mereka adalah yakin bahwa mayoritas menghendaki 1 putaran saja.

“Apakah ada menghendaki pemilu 2024 khususnya pemilihan Presiden berlangsung 1 putaran atau 2 putaran?. 59% (menghendaki) 1 putaran, 27,5% yakin 2 putaran. Yang tidak menjawab 13,5%,” terang Chairul dalam paparannya seperti dikutip Holopis.com, Senin (11/12).

Lantas dari keyakinan mereka yang menyebut Pilpres 2024 berlangsung 1 putaran, mayoritas menilai Prabowo-Gibran yang bakal lolos, yakni sebanyak 48%. Sementara yang yakin Ganjar-Mahfud menang satu putaran sebanyak 20,3%. Serta yang yakin Anies-Imin menang 1 putaran sebanyak 15,8%. Kemudian yang tidak menjawab sebanyak 15.9%.

Penerbit Iklan Google Adsense

Gen Z Hingga Gen X Domin Pilih Prabowo-Gibran

Masih dalam data survei ISC, dilihat bahwa tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran ada di generasi Z hingga generasi X. Untuk generasi Z, yang memilih Anies-Imin hanya 19,0%. Yang memilih Ganjar Mahfud sebanyak 20,1%. Namun yang memilih Prabowo-Gibran ada sebanyak 52,3%.

Kemudian untuk generasi Y alias milenial, yang memilih Anies-Imin sebanyak 22,7%. Yang memilih Ganjar-Mahfud sebanyak 21,1%. Sementara yang memilih Prabowo-Gibran sebanyak 50,7%.

Selanjutnya dari generasi X yang memilih Anies-Imin sebanyak 22,1%. Yang memilih Ganjar-Mahfud sebanyak 26,4%. Sementara yang memilih Prabowo-Gibran sebanyak 42,7%.

Sementara itu, pemilih Baby Boomers hingga Pre Babby Boomers, mayoritas memilih Ganjar-Mahfud ketimbang Anies-Imin maupun Prabowo-Gibran.

“Paslon Prabowo-Gibran merajai dukungan keterpilihan dari generasi Z, milenial (Y) dan generasi X. Paslon Ganjar-Mahfud dominan di generasi baby boomers dan pre baby boomers. Dan paslon Anies-Muhaimin tidak mendominasi di dalam setiap kategori generasi atau usia,” papar Chairul.

Survei Indonesia Survey Center (ISC) dilakukan dalam rentang waktu 25 November – 4 Desember 2023 dengan melibatkan 2.200 responden di 38 Provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error (MoE) 2,09%.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS