BerandaPolhukamPilpresKPU Siapkan Waktu 150 Menit Gelar Debat Capres-Cawapres Perdana

KPU Siapkan Waktu 150 Menit Gelar Debat Capres-Cawapres Perdana

Tim panelis yang ditugaskan oleh KPU untuk menyusun rangkaian daftar pertanyaan sebagai bahan debat sedang bekerja. Moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat calon presiden besok malam sudah siap.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa pihaknya menyediakan pelaksaan debat Capres-Cawapres perdana untuk Pilpres 2024 selama 150 menit pada hari Selasa 12 Desember 2023 pukul 19.00 WIB, atau besok malam.

“Durasi waktu selama debat itu total ada 150 menit, tapi khusus untuk debatnya sendiri ada 120 menit, ada 6 segmen, ada jeda iklan yang waktunya masing-masing 5 menit,” kata Hasyim dalam keterangan persnya di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dikutip Holopis.com, Senin (11/12).

Ia juga menyampaikan bahwa sebanyak 11 tim panelis yang sudah ditunjuk untuk menyusun pertanyaan debat tersebut masih bekerja sampai dengan saat ini.

“Tim panelis yang ditugaskan oleh KPU untuk menyusun rangkaian daftar pertanyaan sebagai bahan debat sedang bekerja. Moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat calon presiden besok malam sudah siap,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Diagendakan, bahwa pada hari ini, moderator yang sudah ditunjuk yakni Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel akan melakukan gladi untuk persiapan acara besok malam.

“Rencananya, hari ini akan digelar gladi kotor dan gladi bersih untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk acara debat besok malam,” terangnya.

Selanjutnya, Hasyim juga menyampaikan bahwa KPU telah mengundang masing-masing Capres-Cawapres serta Ketua Umum dan Sekjen partai politik untuk hadir. Sementara itu, untuk tim sukses, KPU memberikan undangan kepada 75 orang untuk masing-masing timses untuk hadir dalam acara debat yang digelar di halaman depan kantor KPU RI tersebut.

“Untuk masing-masing tim pasangan calon akan mendapatkan undangan sebanyak 75 orang. Kemudian masing-masing pimpinan partai politik yaitu ketua umum dan sekjen partai politik mendapatkan undangan sendiri. Untuk calon presiden dan calon wakil presiden dapat undangan sendiri,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, komisioner KPU lainnya yakni August Mellaz menyampaikan bahwa agenda debat perdana untuk Capres 2024 akan diselenggarakan pada hari Selasa, 12 Desember 2023.

“Tema debat pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi dan kerukunan warga,” kata August.

Sementara itu, hak siar utama dalam agenda debat pertama tersebut adalah TVRI dan RRI.

Daftar Nama Panelis Debat Perdana

August juga mengumumkan 11 nama panelis yang sudah ditunjuk oleh KPU, mereka antara lain ;

  1. Agus Riwanto, Pakar Hukum Tata Negara UNS

  2. Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM 2017-2020

  3. Phil. H. Al Makin, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

  4. Prof Bayu Dwi Anggono, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember

  5. Gun Gun Heryanto, Dekan Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatullah

  6. Khairul Fahmi, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas Padang

  7. Lita Tyesta Addy Listya Wardhani, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Diponegoro Semarang

  8. Mada Sukmajati, Pakar Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

  9. Rudi Rohi, Pakar Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang

  10. Prof Susi Dwi Harijanti, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Padjajaran Bandung

  11. Wawan Mas’udi, Dekan FISIP Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS