Lebih lanjut, Mahfud juga menekankan bahwa potensi tentang adanya tekanan-tekanan seperti itu masih sangat besar terjadi. Sehingga kewaspadaan di kalangan masyarakat patut ditingkatkan.

“Bagaimanapun isu itu ada, tekanan politik dari aparat dan pemerintah nggak usah dilawan, nggak ada gunanya dilawan, diiyakan aja, nanti pas pencoblosan tinggal pilih sesuai keyakinan dan sesuai dengan tuntunan,” sambung Mahfud.

Sekadar diketahui, bahwa para kyai dan santri se-Mataraman hadir menyatakan dukungan mereka kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Mereka terdiri dari para kiai dan santri dari ; Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Blitar, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung.

Mereka tergabung di dalam Kyai Santri Bersama Mahfud (KSBM). Berikut adalah isi dari deklarasi tersebut ;

Bismillahirrhmaanirrahim

Asyhadu anlaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadarrasulullah

Radhitubullahi rabba wabil islami diina, wabi muhammadinnabiyya warrashua.

1. Kami kiai santri dan seluruh masyarakt se Mataraman, berkomitmen untuk keutuhan NKRI dan Pancasila.

2. Kami kiai santri dan seluruh masyarakat se Mataraman, siap mengawal, mendukung dan mensukseskan H Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Laa haula walaa quwwata illabillahil ‘aliyyil adzim.